Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 30 Juni 2020: Jawa Timur Jumlah Pemeriksaan Spesimen Terendah, Justru Jadi Provinsi Dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

By Maymunah Nasution, Selasa, 30 Juni 2020 | 08:30 WIB

Khofifah Siapkan Action Plan Pengendalian Covid-19 di Jatim

Intisari-online.com - Berikut adalah perkembangan terbaru Covid hari ini 30 Juni 2020.

Kasus Covid-19 di Indonesia terkonfirmasi telah mencapai 55.092 kasus.

Dari sekian banyak kasus tersebut, Jawa Timur menjadi provinsi yang mencatat paling banyak kasus, mengalahkan DKI Jakarta yang awalnya episentrum Corona di Indonesia.

Terkonfirmasi ada 11.805 kasus virus Corona di Jawa Timur, sedang jumlah pasien yang meninggal sebanyak 863 pasien.

Baca Juga: Rutin Makan 6 Siung Bawang Putih Panggang Setiap Hari, Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda!

Sedikit mengejutkan, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengungkapkan perkembangan data pemeriksaan spesimen dari sejumlah provinsi pada Senin kemarin (29/6/2020).

Berdasarkan data yang diungkap pemerintah, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah pemeriksaan spesimen terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain yang rata-rata mencatat penambahan kasus Covid-19 tertinggi setiap harinya.

"Jawa timur baru melaksanakan 1.428 pemeriksaan spesimen per 1 juta penduduk," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin sore.

"Ini artinya bahwa memang perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium berbasis realtime PCR yang lebih masif lagi di Jawa Timur," lanjutnya.

Baca Juga: Sungguh Ironi, Pemerintah Israel Mungkin Membeli Peralatan Ini dari Pabrik yang Dulu Juga Beri Pasokan untuk Nazi Jerman