Find Us On Social Media :

Menjaga Agar Tidak Ada Kecurangan Anggaran Penanganan Pandemi Virus Corona, BPK Siap Audit Dana Penanganan Covid-19 di Indonesia, Ini Komentar Sri Mulyani...

By Maymunah Nasution, Senin, 29 Juni 2020 | 07:00 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Intisari-online.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) siap melakukan audit dana yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam penanganan pandemi corona atau Covid-19.

Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono bahkan menyatakan, BPK sudah menyiapkan berbagai skenario atau strategi khusus untuk mengaudit dana penanganan corona, mengingat dana dalam kebijakan ini sangat besar yakni Rp 695,2 triliun.

Riding kepada orang yang menjalankan sudah dilakukan.

"Kami paham pemerintah harus membuat kebijakan yang bernilai sangat besar dalam waktu singkat.

Baca Juga: Cara Jitu Memotret Produk Dengan Hape Untuk Jualan Online

"Maka, kami akan menyusun berbagai strategi dan operasional berdasarkan track record, kemudian model keuangan dan model kepatuhan yang cukup untuk kondisi force majeure dalam pelaksaan audit," ujarnya dalam teleconference bersama Kemenkeu dan BI, Sabtu (27/6).

Agus minta pemerintah waspada atas atas potensi kecurangan anggaran penanganan pandemi virus corona.

Utamanya, terkait pengadaan barang dan jasa lewat fasilitas stimulus penanganan pandemi corona.

Tak hanya itu saja, BPK juga menanyakan skema pertanggungjawaban keuangan negara terkait kebijakan setiap kementerian dan lembaga pemerintahan yang melakukan refocusing dan realokasi anggaran saat corona.

Baca Juga: Amerika Dikabarkan Siap Akuisisi Ericsson Untuk Kalahkan Huawei