Find Us On Social Media :

Makin Tak Karuan Konflik India-China, Kini Giliran China Unjuk Gigi Kirim Pasukan Militer dalam Jumlah Besar ke Perbatasan yang Disengketakan

By Afif Khoirul M, Sabtu, 27 Juni 2020 | 17:55 WIB

Rekaman satelit menunjukkan China memobilisasi pasukannya ke lembah Galwan.

Intisari-online.com - Pada Kamis (25/6) India memobilisasi pasukan militernya ke lembah Galwan untuk menunjukkan kekuatannya pada China.

Sejumlah pesawat tempur dan kendaraan militer beriringan menuju tempat tersebut, namun dikatakan tidak terjadi konfrontasi dalam aksi tersebut.

Tampaknya India ingin menunjukkan kekuatannya pada China, setelah bentrokan pada Senin (15/6) yang menewaskan 20 pasukannya.

Pasca aksi yang dilakukan oleh India, tampaknya China pun tak tinggal diam mereka juga melakukan aksi serupa di lembah Galwan.

Baca Juga: Pantas Saja Berani Klaim Sana-sini dan Tak Gentar Lawan Amerika Sekalipun, Ternyata China Punya 5 Proyek Senjata Milter Super Canggih Ini

Menurut 24h.com.vn pada Jumat (26/6/20), China dikatakan mengirim sejumlah besar pasukan militernya di speanjang Himalaya.

Keduanya sama-sama menuduh baik China maupun India telah melanggar perjanjian bilateral.

"Masalahnya adalah pihak China telah mengerahkan sejumlah besar pasukan dan peralatan militer sejak May Control Road (LAC)," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Anurag Srivastava.

LAC sendiri adalah batas sementara yang dianggap perbatasan China dan India.

Baca Juga: Rahasia Umum? Ternyata AS Secara Resmi Berperang di 7 Negara Ini, Angkatan Daratnya Bangun Basis Militer di Afghanistan, hingga Jual Jet Tempur F-35 ke India