Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Punya Penyakit Bawaan, Pasien Covid-19 Ternyata Bisa Rentan Meninggal Gara-gara Hal Sepele Ini

By Khaerunisa, Senin, 22 Juni 2020 | 15:41 WIB

 

Intisari-Online.com - Beberapa kondisi kesehatan bawaan seseorang telah diyakini dapat memperparah infeksi virus corona.

Orang-orang dengan kondisi kesehatan bawaan tertentu akan lebih rentan dan bisa berada dalam kondisi yang lebih parah.

Saat sejumlah penelitian terus dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana virus tersebut menginfeksi korban, ditemukan bahwa pasien virus corona dengan kadar hormon stres yang tinggi juga lebih berisiko untuk meninggal dunia.

Para ilmuwan percaya bahwa penemuan baru ini akan membantu dokter mengidentifikasi pasien Covid-19 mana yang perlu dirawat di rumah sakit segera.

Baca Juga: Sebut Bisa Hilang Tanpa Vaksin, Seorang Dokter di Italia Gambarkan Virus Corona Melemah dari Harimau Jadi Kucing Liar, Benarkah?

Studi itu menunjukkan, pasien dengan kortisol, sering disebut hormon stres, tingkat tinggi dalam darah mereka memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Hormon stres ini dilepaskan oleh kelenjar adrenal, memacu perubahan dalam metabolisme, fungsi jantung dan sistem kekebalan tubuh dalam menanggapi situasi stres.

Ilmuwan di Imperial College London menemukan kadar hormon yang secara signifikan lebih tinggi pada pasien Covid-19 dibandingkan pada mereka yang tidak memiliki virus.

Ini adalah pertama kalinya kortisol diindikasikan sebagai penanda virus, dengan para peneliti percaya penemuan ini akan membantu dokter mengidentifikasi orang-orang yang membutuhkan untuk dirawat di rumah sakit segera.