Find Us On Social Media :

Bersiap Hadapi New Normal, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Herbal Ini

By Nana Triana, Senin, 15 Juni 2020 | 15:48 WIB

Ilustrasi Tanaman Herbal

Intisari-Online.com - Daya tahan tubuh merupakan sistem yang penting untuk melawan penyakit, terutama infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh menjadi sangat penting di masa pandemi.

Daya tahan tubuh dapat menjadi modal untuk menyambut hadirnya kenormalan baru dan melakukan beragam penyesuaian untuk hidup berdampingan dengan virus corona.

Nah, ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertama-tama pastinya dengan olahraga rutin.

Menurut jurnal Exercise Immunology Review yang dikutip dari Sciencedaily.com olahraga yang rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kadar leukosit yang fungsinya melawan infeksi.

Baca Juga: Mau Hindari Virus Corona? Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini, Salah Satunya Begadang

Namun, pastikan olahraga berintensitas sedang. Olahraga dengan intensitas terlalu berat malah akan memberikan efek sebaiknya.

Pengelolaan stress juga penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya stress juga bisa menjadi pemicu turunnya daya tahan tubuh. Efeknya memang tidak langsung yaitu berawal dari manifestasi stress menjadi penyakit fisik yang kemudian mempengaruhi kualitas daya tahan tubuh.

Kedua upaya tersebut akan lebih sempurna lagi ketika dibarengi dengan menjaga pola makan sehat. Mengutip dari Healthline.com untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah inflamasi ada mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, D, E, dan B sangat berguna.

Perbanyak buah-buahan dari keluarga citrus, paprika, dan brokoli yang kaya vitamin C. Konsumsi juga kacang-kacangan dan protein hewani seperti daging ayam untuk memperoleh vitamin B, D, dan E.

Baca Juga: Jalani Hidup di Fase New Normal, Ini Kebiasaan Baru yang Harus Diadopsi

Selain itu menurut penelitian Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinis Universitas Gajah Mada (UGM) ada 18 herbal yang telah teruji secara in vivo dan in vitro dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Cabe Jawa

Cabe jawa merupakan salah satu tanaman herbal yang dikenal secara turun temurun memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya efek stimulan terhadap sel saraf sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh.