Find Us On Social Media :

Tak Gentar terhadap Pesawat Pembom Nuklir Inggris yang Sokong Militer Malaysia, Rudal Pertahanan Udara Bikinan Rusia Jadi Andalan Bung Karno Lindungi Jakarta

By Khaerunisa, Jumat, 5 Juni 2020 | 16:05 WIB

Pembom Vulcan Inggris

Intisari-Online.com - Hubungan antara Indonesia dan Malaysia saat ini masih sering memanas.

Sisa-sisa konflik masih ada seolah 'mendarah daging' di antara kedua bangsa.

Semboyan 'Ganyang Malaysia' menjadi salah satu yang hingga kini tak dilupakan.

Ketika Indonesia dan Malaysia terlibat konflik di masa silam, yang diikuti dengan pencanangan semboyan Ganyang Malaysia itu, peperangan terbuka antara Indonesia-Malaysia pun siap meletus.

Baca Juga: Akhir Hidup Wanita Simpanan Mantan PM Malaysia, Dibunuh dan Jasadnya Diledakkan dengan Bom, hingga Tersimpan Misteri di Balik Alasan Wanita Cantik Ini 'Dilenyapkan'

Untuk menyiapkan kekuatan tempurnya, Indonesia yang kemudian menggelar Operasi Dwikora, membentuk pasukan yang terdiri atas para sukarelawan dan gabungan pasukan TNI/Polri.

Malaysia yang dalam konflik itu langsung didukung secara penuh oleh militer Inggris sebenarnya punya kekuatan militer yang sulit diimbangi Indonesia.

Inggris sendiri menyatakan tidak main-main untuk membela Malaysia. Lebih dari itu, Inggris juga mengancam akan membom langsung Jakarta menggunakan pesawat pembom nuklir jarak jauh, Avro Vulcan.

Untuk membom Jakarta, Inggris saat itu memang tidak akan menggunakan bom nuklir, tapi bom konvensional mengingat Vulcan bisa membawa bom dengan berat total hingga 45.000 kg.