Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 27 Mei 2020: Kabar Gembira Jelang 'New Normal,' Usai Disuntik Vaksin ini Sebagian Besar Relawan Tunjukkan Kekebalan Pada Corona

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 27 Mei 2020 | 08:44 WIB

Covid hari ini: Ilustrasi vaksin

Intisari-Online.com - Covid hari ini masih merajalela, tak hanya di tanah air, tapi di sebagian besar penjuru dunia.

Meski begitu, beberapa negara sudah berhasil menekan penyebaran dan mulai melonggarkan karantina.

Di negara kita pun setali tiga uang, pemerintah sudah menyiapkan skenario new normal usai pandemi.

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia yang telah mencapai jumlah lima juta jiwa, mendorong usaha percepatan penemuan vaksin untuk mengatasinya.

Baca Juga: Baru Seujung Kuku Jalani 492 Tahun Penjara, Penjahat Wanita 'Serigala' yang Sebut Dirinya Tak Tersentuh ini Tewas Karena Penyakit ini

Kini, uji coba vaksin pertama terhadap manusia dikabarkan telah mendapatkan hasil yang aman dan diperkirakan efektif melawan virus Covid-19.

Para ilmuwan di China mengatakan, 108 orang dewasa yang sehat diberi dosis Covid-19 vektor adenovirus tipe 5 (Ad5-nCoV) selama masa percobaan ini.

Obat ini menggunakan jenis flu biasa (adenovirus) yang melemah untuk mengirimkan materi genetik yang "mengkode" dirinya menemukan protein dalam SARS-CoV-2-virus yang menyebabkan Covid-19.

Sel-sel kode ini kemudian menuju ke kelenjar getah bening di mana sistem kekebalan menciptakan antibodi yang dapat mengenali virus dan menyerangnya.

Baca Juga: Apes, Nekat Mudik dari Jakarta ke Kampung Halaman, Satu Keluarga Ini Sempat Terlantar di Jalanan Lantaran Rumah sang Nenek Dijual