Find Us On Social Media :

Masker Wajib Dipakai Orang-orang di Tengah Pandemi Covid-19, Tapi Orang-orang dengan Kondisi Ini Justru Diperingatkan Sebaliknya

By Khaerunisa, Rabu, 20 Mei 2020 | 15:41 WIB

(Ilustrasi) Menggunakan masker

Intisari-Online.com - Menggunakan masker kini sudah menjadi hal 'wajib' bagi masyarakat di dunia saat berada di tempat umum.

Hal tersebut direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO sejak beberapa waktu lalu demi mencegah penyebaran virus corona.

Menggunakan masker tampaknya merupakan hal yang mudah, namun rupanya tidak demikian untuk sebagian orang.

Bukan karena alasan malas loh ya, tapi karena kondisi kesehatannya. Dan justru karena itulah mereka diperingatkan untuk tidak memakai masker jika akan semakin menyulitkan.

Baca Juga: Warga Jakarta yang Tak Pakai Masker Saat Keluar Rumah Akan Didenda Rp250.000, Jika di Filipina Sudah Ditembak Mati!

Melansir Daily Mail (19/5/2020), Menurut para ahli, orang yang menderita asma atau kondisi paru-paru lainnya tidak boleh memakai masker jika itu membuat mereka sulit bernapas.

Penggunaan masker bagi penderita asma justru dapat membuat lebih sulit untuk menarik udara ke paru-paru, kemudian dapat memicu asma untuk beberapa pasien.

Selain itu, juga bisa menyebabkan kecemasan karena mengubah pola pernapasan mereka.

Di sisi lain, orang-orang yang menderita asma juga lebih berisiko tinggi untuk menjadi sakit parah jika benar-benar tertular virus, sehingga inilah yang cukup menjadi dilema.