Find Us On Social Media :

Jika AS Nekat Bertindak seperti Perompak Terhadap Kapal Minyak Iran, Iran Peringatkan Akan ada Dampaknya

By Tatik Ariyani, Minggu, 17 Mei 2020 | 10:30 WIB

Ilustrasi Iran

Intisari-Online.com - Ketegangan Iran-AS pascakematian Jenderal Qasem Soleimani yang dibunuh pasukan AS sempat mereda setelah adanya kekhawatiran dunia mengenai terjadinya Perang Dunia 3.

Namun, kini Iran kembali memberi peringatan kepada Amerika Serikat (AS).

Sebuah kantor berita Iran yang dekat dengan Garda Revolusi Iran melaporkan, Sabtu (16/5), akan ada dampak jika AS bertindak "seperti perompak" terhadap pengiriman bahan bakar Iran ke Venezuela.

Seorang pejabat senior dalam pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan kepada Reuters pada Kamis (14/5) bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang dapat diambil sebagai tanggapan atas pengiriman bahan bakar Iran ke Venezuela yang dilanda krisis.

Baca Juga: Ada Harapan, Para Dokter Sebut Obat Pengencer Darah Bisa Selamatkan Pasien Virus Corona, 'Walau Berbahaya, Tidak Ada Salahnya Dicoba'

Iran dan Venezuela, dua negara anggota OPEC, saat ini tengah di bawah sanksi AS.

Pejabat pemerintahan Trump menolak menentukan langkah-langkah yang akan ditimbang.

Tetapi beberapa opsi akan disajikan kepada Trump.

"Jika Amerika Serikat, seperti halnya perompak, berniat menciptakan rasa tidak aman di perairan internasional, itu akan mengambil risiko berbahaya dan itu tentu tidak akan hilang tanpa dampak," tulis kantor berita Iran, Nour yang dikutip Reuters.

Baca Juga: 'Lelah' dengan Lockdown, Warga Amerika Berduyun-duyun ke Bar dan Pantai, Padahal Negara Ini Punya Kasus Positif dan Kasus Kematian Covid-19 Terbanyak di Dunia