Find Us On Social Media :

Situasi Pasifik Selatan Makin Panas, Indonesia Kutuk Perlakuan 'Tidak Manusiawi' China dan AS Langsung Berlayar Lakukan Operasi Tempur

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 13 Mei 2020 | 08:21 WIB

Littoral Combat Ship (LCS) Independence Class milik US Navy saat melaksanakan operasi militer di dekat perairan China

Intisari-Online.com - Beijing saat ini sedang menghadapi tekanan bertubi-tubi.

Selain karena corona, China juga harus menghadapi perlawanan sengit negara-negara Asia Tenggara karena klaim sepihaknya atas Laut Pasifik Selatan.

Terlebih Amerika Serikat (AS) juga ikutan nimbrung dalam pergulatan ini dimana Paman Sam tak mau hegemoni mereka dicaplok begitu saja oleh China.

Bahkan kali ini Indonesia bersuara mengutuk kekejaman perusahaan China.

Baca Juga: Padahal Belum Pernah Bertemu, Nenek Ini Ngotot Ingin Nikahi Pembunuh Kejam yang Akan Dieksekusi

Pemerintah Indonesia telah mengutuk perlakuan "tidak manusiawi" terhadap warga negaranya oleh perusahaan perikanan China.

Diduga, sejumlah nelayan Indonesia dijadikan sebagai budak virtual, yang menyebabkan kematian terhadap tiga dari mereka.

Masalah ini mengancam akan meningkatkan ketegangan lebih lanjut antara China dan Indonesia, yang menuding kapal-kapal nelayan ilegal Tiongkok masuk ke dalam zona ekonomi eksklusifnya.

Melansir AP, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan dalam sebuah konferensi video pada hari Minggu (10/5/2020) bahwa 49 nelayan Indonesia, mulai dari 19 hingga 24 tahun, dipaksa bekerja rata-rata lebih dari 18 jam sehari di setidaknya empat kapal nelayan Tiongkok.

Baca Juga: Ternyata Anak-anak Juga Rentan Stres karena Pandemi, Orangtua Harus Peka, Ini 3 Cara Mendeteksi Stres pada Anak Menurut Psikolog