Find Us On Social Media :

Terapi Plasma Darah, Solusi Pengobatan Covid-19

By Tatik Ariyani, Rabu, 6 Mei 2020 | 14:01 WIB

Terapi plasma darah, solusi pengobatan Covid-19

Intisari-Online.com - Kasus virus corona di Indonesia tercatat mengalami peningkatan, baik dari jumlah kasus, sembuh, maupun yang meninggal dunia.

Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 484, sehingga jumlahnya menjadi 12.071 orang.

Sedang total pasien sembuh adalah 2.197 orang dan pasien meninggal menjadi 872 orang.

Dengan terus bertambahnya pasien yang dinyatakan positif virus corona, sampai sekarang para peneliti masih terus mencari vaksin untuk virus tersebut.

Namun menurut beberapa ahli, terapi plasma darah atau konvalesen, disebut sebagai salah satu terapi yang menjanjikan bagi penanganan pasien covid-19 ini.

Baca Juga: Sudah Infeksi 3,7 Juta Orang di Seluruh Dunia, Ilmuwan Sebut Virus Corona Bisa Jadi Lebih Menular, 'Kita Sedang Melawan Virus yang Licik!'

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro juga mengungkapkan sejumlah uji klinis tengah dilakukan untuk mencari formula yang tepat untuk menangani Covid-19.

Baik itu uji klinis terhadap sejumlah obat-obatan yang selama ini digunakan untuk menanganai Covid-19 seperti chloroquine dan avigan, juga uji klinis terhadap terapi plasma darah atau convalescent plasma.

"Saat ini sedang dan sudah dilakukan riset terkait convalescent plasma, di mana plasma dari pasien yang sudah sembuh," kata Bambang di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Plasma darah tersebut kemudian diujicobakan untuk diterapi kepada pasien Covid-19 dengan gejala atau kondisi berat.

Dari pengujian yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), menurut dia, hasilnya cukup melegakan.