Find Us On Social Media :

Setelah Dikatakan Rokok Tingkatkan Risiko Infeksi Virus Corona, Justru Beredar Kabar Nikotin Bisa Membasmi Covid-19, Mana yang Benar?

By Maymunah Nasution, Rabu, 29 April 2020 | 11:16 WIB

Rokok meningkatkan risiko terkena Covid-19 atau justru sebaliknya?

Intisari-online.com - Penelitian terakhir terkait virus Corona menyebutkan perokok memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi Covid-19.

Rokok memiliki kandungan nikotin yang merusak sistem pernapasan manusia.

Oleh sebab itu masuk akal jika menilai rokok meningkatkan risiko terinfeksi virus Corona.

Namun baru-baru ini muncul teori baru yang berkebalikan dengan penelitian terkait risiko terinfeksi Covid-19 setelah terpapar nikotin.

Baca Juga: Setelah 339 Mayat Ditemukan dalam Satu Lubang, Kini Kerangka Manusia Tanpa Kepala dalam Posisi Berlutut Ini Ditemukan di Utara Kota Wuhan di China: Berbaring di Lubang Kubur

Ilmuwan Perancis sedang mempersiapkan untuk meluncurkan uji coba manusia untuk menguji hipotesis mereka bahwa nikotin dapat membantu tubuh memerangi infeksi COVID-19.

Melansir Reuters, uji coba ini akan melibatkan kelompok petugas kesehatan dan pasien yang menggunakan patch nikotin dan kelompok lain yang menggunakan patch plasebo.

Kemudian mereka akan diuji untuk melihat apakah ada perbedaan dalam cara tubuh mereka dalam merespons virus.

Uji coba ini merupakan tindak lanjut dari penelitian Prancis, yang diterbitkan bulan ini, di mana ada data kesehatan masyarakat yang menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki kemungkinan 80% lebih rendah untuk terkena Covid-19 dibandingkan bukan perokok pada usia dan jenis kelamin yang sama.

Baca Juga: Video Mengerikan dari Kuburan Massal Korban Corona di Iran Memicu Ketakutan akan Angka Kematian yang Sebenarnya, Akivis: 10 Kali Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan