Find Us On Social Media :

Meski Jumlah Kasus Corona Jauh Lebih Banyak, AS Beri Bantuan 3 Juta Dollar pada Indonesia untuk Tangani Pandemi Covid-19

By Tatik Ariyani, Sabtu, 25 April 2020 | 11:52 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Intisari-Online.com - Indonesia telah menerima bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat sebesar 3 juta dollar AS untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Bantuan tersebut disalurkan pemerintah AS melalui sejumlah lembaga dunia, di antaranya World Health Organization (WHO), the United States Agency for International Development (USAID), USAID’s Infectious Disease Detection and Surveillance project, Johns Hopkins University, dan the Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Kabar bantuan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi usai mengikuti pertemuan para menteri luar negeri negara-negara ASEAN dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Kamis (23/4/2020) lalu.

Baca Juga: Bantu Ambulans yang Terperosok ke Parit, Warga Aceh Ini Justru Dibuat Ketakutan dan Kaget Setelah Mengetahui Isi Ambulans Tersebut

Retno mengatakan, bantuan dari AS ini bukan berupa uang melainkan laboratorium maupun alat kesehatan.

"Dukungan dalam bentuk lain yang diberikan antara lain laboratorium, risk communication surveilance, dan dalam bentuk penyediaan alat kesehatan antara lain APD dan reagen," ucap Retno, Kamis (23/4/2020), dikutip dari Kompas.

Secara keseluruhan, Retno menjelaskan, Pemerintah AS telah memberikan bantuan sebesar 35,3 juta dollar AS kepada negara-negara ASEAN.

Bantuan itu untuk penanggulangan Covid-19 di negara ASEAN.

Baca Juga: Nekat Carter Bus ke Jakarta untuk Hadiri Pernikahan di Tengah Corona, Beginilah Nasib Akhir Rombongan Tersebut