Find Us On Social Media :

Pilot Indonesia Ternyata Lebih Jago Menerbangkan Jet Tempur Sukhoi Dibanding Pilot Rusia

By Agustinus Winardi, Senin, 30 April 2018 | 11:15 WIB

Intisari-online.com - Sebagai produsen jet-jet tempur Sukhoi seperti Su-27/30 dan Su-35, para pilot tempur Rusia yang biasa menerbangkan Sukhoi ternyata memiliki  perbedaan yang menyolok dibandingkan dengan para pilot Sukhoi Indonesia (TNI AU).

Baik di Rusia maupun Indonesia biaya operasional untuk menerbangkan  jet tempur Sukhoi dikenal sangat mahal.

Pasalnya setiap jam terbang Sukhoi  biayanya, sesui ditulis Majalah Angkasa terbitan 3 Desember 2011 setara dengan 2 hingga 3 harga mobil Toyota Kijang.

Jika biaya menerbangkan Sukhoi itu setiap jamnya dihitung pada 2018, maka bisa diandaikan setara dengan harga 2 hingga 3 mobil Kijang Innova atau lebih dari Rp1 miliar.

BACA JUGA: Gawat! Rusia Siap Kirim Jet Tempur Su-35 ke Indonesia Tapi Terancam Dibatalkan Amerika

Cara  untuk menghitung biaya persatu jam terbang Sukhoi itu  memang hanya internal TNI AU yang tahu. 

Tapi biaya yang  diperlukan untuk satu jam terbang Sukhoi secara global  antara lain BBM, penurunan fungsi airframe pesawat sehingga makin mempercepat masuk ke tahap perawatan, berkurangnya jumlah jam terbang terbang, dan lainnya.

Khusus untuk berkurangnya jumlah jam terbang Sukhoi, ketika jet-jet tempur Rusia itu tiba di Indonesia dalam kondisi baru, masing-masing sudah memiliki ‘jatah’ jam terbang.

Misalnya setiap unit pesawat Sukhoi memiliki jam terbang operasional sebanyak  2.000 jam terbang.

BACA JUGA: Hebat! Pilot Tempur Indonesia Ternyata Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur Australia

Maka setelah 2.000 jam terbang tercapai, pesawat harus masuk ke tahap perawatan seperti penggantian suku cadang dan lainnya.

Dengan demikian setiap kali para pilot TNI AU menerbangkan Sukhoi maka ‘jatah’ jam terbang Sukhoi juga  makin berkurang.

Sementara berkurangnya jam terbang Sukhoi  juga makin berpengaruh kepada tahap perawatan yang biayanya sangat besar.