Find Us On Social Media :

Petir Vulkanik, Fenomena Unik saat Kilatan Halilintar Berada di Sekitar Gunung Api yang Sedang Meletus, Apa Penyebabnya?

By Ade S, Rabu, 15 April 2020 | 08:18 WIB

Petir Vulkanik, saat Kilatan Halilintar Berada di Sekitar Gunung Api yang Sedang Meletus, Apa Penyebabnya?

Intisari-Online.com - Gunung Anak Krakatau yang kembali mengalami erupsi pada Jumat (10/4/2020) pukul 21.58 WIB dan pukul 22.35 WIB mendapat perhatian besar masyarakat.

Penyebabnya bukan karena besarnya letusan, melainkan karena munculnya dentuman misterius di langit Jakarta dan sekitarnya tak lama setelah Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi.

Seiring dengan ramainya perbincangan tentang letusan Gunung Anak Krakatau, banyak pula beredar foto-foto saat gunung tersebut mengalami erupsi.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah foto-foto yang menunjukkan adanya kilatan petir di sekitar gumpalan awan di atas Gunung Anak Krakatau yang meletus.

Namun, sadarkah Anda bahwa fenomena ini sering terlihat pada beberapa peristiwa letusan gunung api?

Termasuk kilatan petir di atas Gunung Merapi yang meletus beberapa waktu lalu.

 

Biasanya, kilatan petir disertai gemuruh guntur terjadi saat hujan deras. Lalu, kilatan petir saat gunung api meletus ini fenomena apakah?

Fenomena ini dikenal sebagai petir vulkanik.

Baca Juga: Terjawab Sudah, Suara Dentuman Misterius yang Awalnya Dikira Berasal dari Gunung Anak Krakatau Ternyata Berasal dari 2 Gunung Ini