Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Mata Memerah Rupanya Gejala Covid-19 yang Dilupakan Banyak Pihak

By Maymunah Nasution, Senin, 6 April 2020 | 17:06 WIB

Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19

Intisari-online.com - Virus Corona Sars-CoV-2 atau patogen dari Covid-19 disebut-sebut bisa masuk melalui hidung dan mulut.

Namun tahukah Anda virus itu juga bisa masuk melalui indra mata manusia.

Bahkan, dokter mata memperingatkan gejala mata merah atau konjungtivitis bisa jadi merupakan gejala dari Covid-19.

Maret 31, mengutip South China Morning Post, American Academy of Ophthalmology membagikan pemberitahuan mengenai gejala mata merah adalah sinyal seseorang memiliki penyakit Covid-19.

Baca Juga: Hadapi Corona: Ini 15 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Salah Satunya adalah Paprika Merah

Hal ini berdasarkan dua penelitian terbaru dan laporan anekdot yang menyarankan jika kondisi mata merah termasuk gejala Covid-19.

Salah satu penelitian dipublikasikan di Jurnal of Virology, melihat dari 30 pasien Covid-19 di China ada satu pasien memiliki kondisi mata merah.

29 pasien lainnya memiliki virus Corona yang ada di cairan mata mereka.

Sementara penelitian lainnya yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, menemukan jika 9 dari 1.099 pasien yang diuji memiliki Covid-19 memiliki gejala mata merah.

Baca Juga: Punya Riwayat Penyakit yang Jadi Biang Kematian Banyak Pasien Covid-19, Camat Bekasi Utara Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Virus Corona