Find Us On Social Media :

BMKG Buktikan Bahwa Indonesia Sebenarnya Punya Modal Kuat untuk Hadapi Corona, Tapi Semuanya Seolah Jadi Sia-sia karena Hal Ini

By Ade S, Sabtu, 4 April 2020 | 16:51 WIB

BMKG Buktikan Bahwa Indonesia Sebenarnya Punya Modal Kuat untuk Hadapi Corona, Tapi Semuanya Seolah Jadi Sia-sia karena Hal Ini

Intisari-Online.com - Masih ingat dengan ulasan beberapa pakar saat Indonesia masih 'streril' dari wabah corona yang sudah menyerang beberapa negara?

Saat itu, Indonesia disebut memiliki beberapa kekuatan yang sangat ampuh untuk menangkal corona masuk.

Sayangnya, ulasan tersebut kemudian seolah 'menguap' setelah pemerintah mengumumkan adanya WNI yang terinfeksi virus corona pada awal Maret.

"Indonesia tidak kebal corona". Kira-kira seperti itulah yang terjadi.

Namun, sebuah hasil penelitian terbaru yang diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan bahwa Indonesia sebenarnya memang memiliki kekuatan untuk melawan virus corona.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah BMKG melakukan analisis tentang pengaruh cuaca dan iklim dalam penyebaran penyakit Covid-19 di Indonesia.

Analisis dilakukan bersama 11 Doktor di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Matematika, didukung Guru Besar dan Doktor di Bidang Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kajian dilakukan dengan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur.

Baca Juga: Tembus 1 Juta Kasus, Ini 5 Negara dengan Jumlah Kasus Positif Virus Corona Terbanyak di Dunia, China Tidak Masuk!