Find Us On Social Media :

Beginilah Kisah Mantan Ratu Bulu Tangkis China yang Dipinang Pria Klaten dan Putuskan Tinggal di Indonesia

By Tatik Ariyani, Jumat, 20 April 2018 | 13:45 WIB

Intisari-Online.com - Menikah dengan Tjandra Budi Darmawan, pria asal Klaten, Jawa Tengah, adalah satu-satunya alasan Huang Hua, mantan juara dunia bulu tangkis asal China, akhirnya menetap di Indonesia dan berganti kewarganegaraan.

Setelah 25 tahun menetap di Indonesia, Huang Hua pun kini sudah jago berbahasa Indonesia dan sudah akrab dengan masakan Indonesia.

Dia menyukai rendang, rawon, ayam goreng, hingga nasi kuning.

Dia tak aktif lagi di dunia bulu tangkis dan memilih menjadi ibu rumah tangga, mengurus tiga putranya, serta membantu suaminya mengembangkan bisnis properti.

BACA JUGA: Makan Semangka Setiap Hari, Rasakan 7 Hal ini pada Tubuh Anda

Ketika ditemui di kediamannya di Klaten, 1 April 2018, Tjandra dan Huang Hua bercerita, keputusannya menikah dengan pria asal Indonesia dan menetap di Klaten berawal dari pertemuan keduanya di Malang, Jawa Timur.

Sebagai pemain bulu tangkis, karier Huang Hua baru mulai menonjol setelah berusia 20 tahun.

Awalnya, meski tanpa prestasi menonjol di tingkat provinsi, dia mengaku beruntung karena dipilih atas pertimbangan muda dan memiliki tubuh yang proporsional.

Adalah Chen Yu Niang, pelatih yang ditunjuk pemerintah China saat itu, yang membentuk Huang Hua akhirnya menjadi pemain bulu tangkis top dunia pada era 1990-an.

BACA JUGA: Benarkah Daging Ikan Salmon Hasil Budi Daya Harus Dihindari karena Banyak Mengandung Racun?

Chen yang pernah tinggal di Indonesia memberikan syarat khusus kepada pemerintah China bahwa dia mau melatih asal bisa memilih sendiri pemain-pemainnya.

Salah satunya pada saat itu adalah Huang Hua yang belum terlalu tinggi jam terbangnya.

Alasannya agar bisa membentuk karakter dan pola permainan baru baru untuk pemain yang dilatihnya.