Find Us On Social Media :

Langkah Cepat Singapura Tangani Corona, Kini Gunakan Aplikasi Canggih 'Trace Together' untuk Lacak Sebaran Covid-19, Seperti Apa Kerjanya?

By Khaerunisa, Minggu, 22 Maret 2020 | 11:35 WIB

(Ilustrasi) Singaoura gunakan aplikasi canggih untuk lacak penyebaran corona

Intisari-Online.com - Singapura menjadi slaah satu negara yang mendapat sorotan karena keberhasilannya menangani penyebaran virus corona.

Negara ini menjadi salah satu yang didengung-dengungkan untuk dicontoh langkah-langkah penanganannya hadapi Covid-19.

Salah satunya dengan mewajibkan isolasi 14 hari bagi siapa pun yang masuk ke Singapura, termasuk warga negara Singapura yang datang dari luar negeri.

Selain upaya pembatasan seperti itu, rupanya teknologi juga dimanfaatkan oleh pemerintah Singapura dalam 'perang' melawan virus corona ini.

Baca Juga: Sepertujuh Penduduk Bumi Akan Dikarantina karena Corona, dan Itu Bisa Terjadi Hingga Berbulan-bulan, Namun 'Secercah Harapan' Muncul di Kota Asal Corona

Pemerintah Singapura menggunakan aplikasi berbasis ponsel dalam melacak sebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

Aplikasi tersebut bernama TraceTogether, yang dikembangkan oleh Badan Teknologi Pemerintah Singapura (GovTech) dan Kementerian Kesehatan.

Dikutip dari Reuters, aplikasi TraceTogether akan bekerja dengan menukar sinyal Bluetooth jarak dekat untuk mendeteksi pengguna lain yang berada dalam jarak sekitar 2 meter.