Find Us On Social Media :

Statusnya Pasien dalam Pengawasan Corona, Wanita Ini Malah 'Dilepas' dan Harus Cari Rumah Sakit Rujukan Sendiri, 'Rumah Sakit Itu Enggak Tahu Harus Ngapain'

By Tatik Ariyani, Selasa, 17 Maret 2020 | 15:35 WIB

Tergolong pasien dalam pengawasan namun tak mendapat penanganan

Intisari-Online.com - Hingga Senin (16/3/2020), jumlah pasien positif corona di Indonesia bertambah menjadi 134 orang.

Namun di tengah peningkatan jumlah pasien positif virus corona, kini ada seorang wanita yang mengaku dirinya ditelantarkan sebuah rumah sakit dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.

Melalui unggahan di akun Instagram Deddy Corbuzier, wanita dalam balutan masker tersebut menceritakan dirinya dibebaskan dari rumah sakit tersebut tanpa pengawasan.

"Jangan sakit dan jangan kena ya. Ini aku sudah kategorinya PDP (pasien dalam pengawasan) dan rumah sakit itu enggak tahu harus ngapain, harus bagaimana, dan kita bisa dilepas begitu saja," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Kunjungi Tiga Tempat Wisata di Bali yang Pandemi Corona, 205 Siswa SMP 24 Cerme Gersik yang Nekat Pergi Study Tour Kembali Namun Orang Tua Hanya Bisa Melihat dari Jauh dan Tak Boleh Bermain dengan Teman Sebaya

Perlu diketahui, pasien dalam pengawasan virus corona (Covid-19) memiliki gejala dan tanda yang tidak jelas bahkan samar dengan penyakit lainnya.

Menurut Dr. dr. RR Diah Handayani, SP.P(K) dari RS Universitas Indonesia menyatakan, ciri pasien dalam pengawasan yaitu mengalami demam tinggi (> 38 °C), batuk/pilek/sakit tenggorokan, pneumonia ringan hingga berat, atau mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) ringan hingga berat dalam waktu 14 hari.

Para pasien dalam pengawasan ini bisa terpapar virus corona dari:

Baca Juga: Sedang Hamil, Vanessa Angel Ditangkap atas Dugaan Narkoba: Ini Dampak Buruk Narkoba bagi Ibu Hamil dan Janin