Find Us On Social Media :

Takutkan Masyarakat Indonesia Panik dan Takut Hadapi Covid-19, Sosok Ahli Bidang Kesehatan Masyarakat ini Beberkan Rahasia Sederhana Hindari Virus Corona, Apa Saja?

By Maymunah Nasution, Senin, 16 Maret 2020 | 19:00 WIB

Virus Corona (kuning) yang tersusun dari partikel lebih tipis daripada partikel penyusun jaringan tubuh manusia dan hewan (warna pink dan biru)

Intisari-online.com - Pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia bidang Globalisasi Kesehatan Senior Lecturer in Public Health University of Derby UK, Dono Widiatmoko menjelaskan, virus corona atau Covid-19 adalah penyakit yang mudah menular pada orang lain.

Mereka yang terinfeksi virus corona sebagian besar hanya akan mengalami gejala ringan.

Seperti demam, yang dengan istirahat yang cukup dan pengobatan sederhana umumnya akan sembuh dengan baik.

Namun demikian, sebagian diantaranya akan menjadi berat, terutama pada mereka yang berusia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta.

Baca Juga: Adu Teori Konspirasi dan Permusuhan, Medan Pertempuran Terbaru Dua Negara Adikuasa di Tengah Virus Corona

Misal penyakit jantung, diabetes, dan PPOK/COPD, gejala dan dampak virus corona bisa lebih berat pada mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Dono Widiatmoko mengungkapkan, sampai saat ini, peneliti kesehatan masih memperdalam pengetahuan tentang virus corona.

Informasi yang ada tentang virus corona selama ini umumnya diambil dari pengalaman penyakit virus corona sejenis, yakni SARS dan MERS yang sebelumnya pernah mewabah.

"Sebetulnya saya tidak ingin menambah 'informasi' yang banyak di media sosial tentang Corona Virus 19 yang sudah jadi Pandemi Global ini."

Baca Juga: Jadi Pandemi, Corona Justru Semakin Panaskan Medan Pertempuran Terbaru Antara China dan Amerika, Hal inilah Penyebabnya