Find Us On Social Media :

Menyebar Cepat dan Membunuh Tanpa Pandang Bulu, Inilah Pandemi Paling Mematikan dalam Sejarah, Diyakini Bahwa Perang Dunia I Ikut Bertanggungjawab

By Khaerunisa, Senin, 16 Maret 2020 | 10:07 WIB

Jutaan manusia yang terkena pandemi mengerikan Flu Spanyol.

Intisari-Online.com - Pada Rabu (11/3/2020) lalu, Organisasi kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa virus corona bisa dikategorikan sebagai pandemi global.

Pernyataan itu diumumkan Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers.

Saat itu, ia menyoroti kasus di luar China, negara asal wabah, yang meningkat hingga 13 kali lipat, dengan jumlah negara yang terinfeksi meningkat tiga kali lipat.

Ternyata, jauh sebelum pandemi covid-19, ada pandemi yang juga mengerikan, bahkan membuat persediaan dan layanan medis kewalahan.

Baca Juga: Tak Gubris Kata Para Ahli, Sebuah Kelompok Hindu di India Minum Air Kencing Sapi Demi Tangkal Virus Corona, 200 Orang Hadir!

Hal itu berlangsung pada tahun 1918, sebuah penyebaran wabah jenis influenza yang sangat masif terjadi, dan dikenal sebagai flu Spanyol.

Flu ini menyebabkan pandemi global, menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan membunuh tanpa pandang bulu.

Orang-orang muda, tua, sakit dan sehat semuanya terinfeksi, dan setidaknya 10% pasien meninggal.

Prediksi jumlah kematian akibat pandemi ini terbilang variatif. Namun, mengutip livescience.com, flu Spanyol diperkirakan telah menginfeksi sepertiga populasi dunia dan menewaskan sedikitnya 50 juta orang.