Find Us On Social Media :

Setelah Telan 4.373 Korban Jiwa, Mengapa WHO Baru Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global?

By Tatik Ariyani, Kamis, 12 Maret 2020 | 08:27 WIB

(ilustrasi) Wabah virus corona

Intisari-Online.com - Setelah jumlah infeksi virus corona di seluruh dunia mencapai lebih dari 121.000, Badan Kesehatan Dunia ( WHO) mengumumkan bahwa virus corona yang tengah merebak saat ini bisa dikategorikan sebagai pandemi global.

Selain itu, berdasarkan data dari Universitas John Hopkins, terdapat 4.373 korban meninggal, dengan 66.239 lainnya dinyatakan sembuh.

Pernyataan itu diumumkan Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers yang berlangsung pada Rabu (11/3/2020).

Tedros menyoroti kasus di luar negara asal wabah, China, yang meningkat hingga 13 kali lipat, dengan jumlah negara yang terinfeksi meningkat tiga kali lipat.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu Jangan Asal Sarapan, Sarapan yang Sehat Sebelum Bekerja, Ini 7 Sarapan Cepat dan Enak yang Bisa Dibuat

Seperti diberitakan CNBC, dia menuturkan bahwa peningkatan signifikan virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu terjadi dalam waktu dua pekan.

"Dalam beberapa hari atau pekan mendatang, kita akan melihat peningkatan jumlah kasus, kematian, hingga negara terinfeksi yang jauh lebih tinggi," katanya.

Dia mengatakan, sejumlah negara sudah menunjukkan bahwa mereka mempunyai kemampuan untuk menekan mengontrol penyebaran corona.

Sementara di sisi lain, pejabat asal Eritrea tersebut mengeluhkan negara lain yang tidak bertindak cukup cepat untuk menangkalnya.

Baca Juga: Kabar Baik dari China: Bulan Depan Vaksin Virus Corona Bisa Digunakan untuk Situasi Darurat