Find Us On Social Media :

Dokter Spesialis Pernapasan China Temukan Kasus Virus Corona Langka: 'Waktu Inkubasinya Lama, Hampir Sebulan', Sementara China Kembangkan Pengobatan Ini Untuk Lawan Covid-19

By Maymunah Nasution, Rabu, 19 Februari 2020 | 15:20 WIB

Zhong Nanshan, spesialis pernafasan China

Intisari-online.com - Virus Corona yang sebabkan penyakit Covid-19 memiliki waktu inkubasi yang lama, hal yang tidak biasa di kasus penyakit Covid-19.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh spesialis pernapasan unggulan China pada Selasa, 18/2/2020 kemarin.

Lamanya waktu inkubasi ini tingkatkan kekhawatiran mengenai berikan diagnosa yang akurat, tetapi Zhong Nanshan, dokter spesialis tersebut sebut jika kasus-kasus ini adalah pengecualian.

Ia mengatakan saat briefing media berita di Guangzhou kemarin jika riset temukan waktu inkubasi dapat selama 24 hari, meskipun median atau nilai tengah waktu inkubasi adalah 3 sampai 7 hari.

Baca Juga: 9 Obat Penurun Panas Tradisional yang Terlupakan, dari Bawang Merah hingga Kunyit, Yuk Intip dan Segera Buktikan Khasiatnya!

"Ini mengenai mayoritas dan minoritas kasus Covid-19. Waktu inkubasi 3 sampai 7 hari adalah gambaran umum dan berlaku untuk sebagian besar kasus," jelas Zhong.

"Namun aku tidak terkejut jika ada pengecualian."

Zhong meneliti data dari 1099 pasien dari 522 rumah sakit di seluruh China, dari data itu ditemukan hanya ada 1 pasien dengan waktu inkubasi 24 hari dan 13 kasus dengan waktu inkubasi lebih dari 14 hari.

14 hari adalah waktu yang disarankan dari WHO untuk awasi kasus virus Corona.

Baca Juga: Tewaskan 2.010 Orang, Ilmuwan Sebut Perokok Lebih Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona, Ini Penjelasannya!