Find Us On Social Media :

Bikin Chernobyl Jadi Kota Mati, Unsur Nuklir Caesium 137 Terdeteksi di Perumahan Serpong, Ini Dampaknya Bagi Manusia

By Maymunah Nasution, Minggu, 16 Februari 2020 | 10:45 WIB

Foto-foto dampak bencana chernobyl

Intisari-online.com - Kawasan Serpong, Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten rupanya telah tercemar oleh unsur radioaktif.

Ditemukan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), radiasi tersebut berasal dari serpihan Caesium 137 (CS 137).

Asal muasal serpihan CS 137 ada di Perumahan Batan Indah tersebut belum diketahui dan masih dilacak asalnya.

Menariknya, CS 137 adalah unsur radioaktif yang sama dengan unsur yang lepas saat reaktor nuklir Chernobyl meledak pada 26/4/1986 silam.

Baca Juga: (Foto) Inilah 6 Kejadian Mengerikan yang Pernah Tertangkap Oleh Kamera 'Drone', Termasuk Saat Seseorang Dipenggal dan Adanya 'Monster' di Perairan Papua

Bencana akibat kelalaian dalam pembuatan reaktor nuklir tersebut mengakibatkan Chernobyl, wilayah Ukraina yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet, tidak dapat ditinggali sampai sekarang.

Bencana ini diawali saat sebuah uji coba sistem dilakukan pada 26 April 1986 di reaktor nomor 4 Chernobyl yang terletak di kota Pripyat, tak jauh dari perbatasan dengan Belarus dan Sungai Dnieper.

Tiba-tiba, terjadi lonjakan daya dan saat prosedur darurat untuk mematikan reaktor dilakukan, terjadi gelombang daya yang lebih besar yang memicu pecahnya reaktor dan serangkaian ledakan.

Api yang dihasilkan ledakan reaktor itu mengirim debu radioaktif ke udara dan mengirimnya ke sebagian besar wilayah Uni Soviet dan Eropa.

Baca Juga: Calon Ratu Inggris Kate Middleton Beberkan Parahnya 'Morning Sickness' Membuatnya Rasakan Ini Saat Hamil dan Pengalamannya Dengan 'Hypnobirthing', Apa Itu?