Find Us On Social Media :

Wikipedia Tidak Memasang Iklan Namun Tetap Bertahan, Darimana Situs Tersebut Mendapatkan Uang? Berikut Jawabannya

By Editorial Grid, Minggu, 8 April 2018 | 19:45 WIB

Intisari-Online.com - Pasti Anda sudah tidak asing lagi saat mendengar kata Wikipedia.

Wikipedia adalah sebuah proyek bersama untuk mewujudkan Ensiklopedia terlengkap dalam semua bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia.

Wikipedia sangat kuat menempati posisi satu Google Search, walau begitu saat kita menjelajah situs, kita tidak pernah melihat adanya iklan atau sponsor.

Lalu, bagaimana Wikipedia tetap berjalan secara gratis?

(Baca Juga: Ingin Saingi Wikipedia, Tahun Depan China akan Meluncurkan Wikipedia-nya Sendiri, tapi Ada Beberapa Topik yang akan Disensor)

Meski tidak ada iklan, Wikipedia terbukti masih bertahan dan populer untuk dibaca.

Pertanyaan tersebut berusaha dijawab oleh Pete Forsyth, salah satu penulis Wikipedia dalam yang dikutip dari situs quora.com.

"Wikipedia bertahan karena orang berkontribusi padanya, tetapi 'kontribusi yang paling penting adalah waktu, penelitian, dan praktik kolaboratif, bukan 'dollar'.

Jumlah uang yang dibutuhkan untuk membuat Wikipedia sangat kecil,sekitar Rp41 miliar (Bandingkan dengan anggaran iklan Google, sekitar Rp27 triliun).

Ada sedikit kekhawatiran tentang Wikipedia yang memiliki cukup uang untuk tetap aktif.

Perhatian yang lebih signifikan adalah seputar dinamika sosial dan praktik kolaboratif.

Para sukarelawan yang membangun situs (termasuk saya), dan orang lain yang peduli dengannya, semakin skeptis tentang pilihan yang dibuat oleh Wikimedia Foundation dalam meningkatkan anggarannya, dan bagaimana memilih untuk membelanjakan uangnya."

Seakan pertanyaan belum begitu terjawab, beberapa orang membantu menjawab.