Find Us On Social Media :

Unik, Wanita Ini Cari Tahu Reaksi Para Orangtua di Pasar Jodoh Bagi Anak Mereka yang Belum Menikah

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 31 Maret 2018 | 21:30 WIB

Intisari-Online.comJodoh siapa yang tahu. Namun, tidak juga dapat jodoh bisa jadi meresahkan bagi sebagian orang, terutama kaum wanita.

Tidak heran bila banyak orang memanfaatkan situs kencan dengan harapan bisa mendapat jodoh.

Mirip dengan situs kencan, di China ada ‘pasar jodoh’ yang terkenal. Pasar unik ini digelar di Taman Rakyat di Shanghai.

Memasuki pasar ini, pengunjung bisa melihat-lihat berbagai ‘poster profil para wanita’. Dalam poster itu dicantumkan pula keterangan, mulai dari nama, umur, hingga gelar pendidikan dan gajinya.

Namun, yang terbanyak adalah poster-poster yang digantungkan di rangkaian tali yang disediakan. Poster-poster itu dijepit dengan jepitan layaknya seperti sedang menjemur pakaian.

(Baca juga: 3 Cara Mudah Temukan Pasangan Hidup Tanpa Harus Kunjungi Situs Kencan Online! 'Jomblo' Wajib Coba!)

Ada juga poster-poster yang ditempelkan di atas payung yang terbuka. Sementara pemilik payung, yaitu ibu dari wanita yang ada di poster itu, duduk berjajar di depan payung masing-masing.

Nah, seorang fotografer wanita bernama Guo Yingguang (34 tahun), melakukan penelitian khusus sebagai bagian dari proyek penelitian sosial.

Untuk itu, ia bersenjatakan sebuah kamera tersembunyi. Dengan kamera itu ia merekam interaksinya dengan para orangtua yang mencari pasangan tepat bagi anak mereka yang belum menikah.

Tentunya, poster berisi profil Guo juga ada di pasar pernikahan ini. Dalam profilnya, wanita itu menyertakan gelar akademiknya yang mengesankan.

Wanita itu punya gelar master dari sebuah ‘universitas asing’ dan lulus dengan summa cum laude. Ia juga mencantumkan gaji yang diterimanya setiap bulan dari pekerjaannya.

Namun ternyata, sepertinya semua orang yang datang ke pasar pernikahan itu hanya memedulikan sekeping informasi saja. Satu hal yang ditanyakan oleh para orangtua kepada Guo adalah: “Berapa umurmu?”