Find Us On Social Media :

Bukan Orang Eropa Atau Amerika, Orang Terkaya Dalam Sejarah adalah Orang Afrika, Mansa Musa Namanya

By Editorial Grid, Jumat, 23 Maret 2018 | 13:15 WIB

Intisari-online.com - Mungkin di era Millenial Ini Bill Gates adalah dikenal banyak orang sabagai salah satu orang paling kaya di dunia.

Namun, siapa sangka ternyata dalam sebuah sejarah mencatatakan seorang kaisar yang disebut sebagai orang terkaya di dunia ternyata bukanlah orang Amerika.

Orang tersebut adalah Mansa Musa seorang Kaisar dari Mali yang berkuasa pada abad ke 14 sekitar tahun 1312 silam.

Melansir History.com Mansa Musa adalah kaisar yang mengambil takhta pendahulunya Abu Bakr II, yang sebelumnya adalah wakilnya.

BACA JUGA : Punya Kekayaan Rp15 Triliun hingga Rp48 Triliun, Inilah Orang Terkaya di Indonesia Paling Muda versi Forbes Saat Ini

Saat Musa berkuasa bangsa-bangsa Eropa sedang dalam kondisi mengamuk karena perang saudara dan kurangnya sumber daya alam yang berlimpah.

Namun situasi lain justru dialami Negeri Mali yang diberkati dengan sumber daya alam yang berlimpah seperti garam dan emas.

Di bawah pemerintahan Musa, negeri tersebut makmur dan tumbuh membentang sebagai sebuah negara di Afrika Barat, mulai dari pantai Atlantik hingga pusat perdagangan darat Timbuktu dan sebagian Gurun Sahara.

Musa berkuasa dan memiliki sumber daya melimpah, begitu pula rakyatnya yang memiliki status ekonomi meningkat drastis.

BACA JUGA : Benarkah Mengetik Kata “BFF” di Facebook Bisa Tentukan Aman atau Tidaknya Akun Kita?

Hingga pada tahun 1324, dikisahkan Musa melakukan sebuah perjalanan untuk berziarah ke kota suci Mekkah sebagai seorang muslim yang taat kala itu.

Karena keterbatasan moda transportasi pada masa lalu pelayaran pun merupakan salah satu jalan satu-satunya menuju kota Mekkah meski jarak yang ditempuh mencapai 4.000 mil.

Musa dan sebuah kafilah yang mencakup puluhan ribu tentara, budak dan bentara, terbungkus sutra Persia dan membawa tongkat emas