Find Us On Social Media :

Tanjakan Emen Kembeli Merenggut Nyawa, Waspadalah, 7 Tanjakan Maut di Indonesia Ini Juga Kerap Menelan Korban Jiwa

By Maymunah Nasution, Minggu, 19 Januari 2020 | 17:05 WIB

Arwah Sopir Oplet Gentayangan di Tanjakan Emen, Tanjakan Maut yang Kembali Merenggut Nyawa, Kali Ini 8 Nyawa Kader Posyandu Melayang

Intisari-online.com - Dilansir dari Kompas.com, Tanjakan Emen Subang kembali merenggut nyawa.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai, kecelakaan yang terjadi di Tanjakan Emen, Subang, disebabkan dua faktor.

Pertama, kendaraan yang tidak laik jalan, kedua, kesalahan pengemudi. Untuk faktor pertama, Ketua YLKI Tulus Abadi menilai, bus yang tidak laik jalan sering mondar-mandir di jalan raya akibat uji kir yang dilakukan pemerintah sekadar formalitas.

"Selama ini praktir uji kir lebih banyak formalitasnya," kata dia saat dilansir dari Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Kisah Arwah Sopir Oplet Gentayangan di Tanjakan Emen, Tanjakan Maut yang Kembali Merenggut Korban Jiwa, Kali Ini 8 Nyawa Kader Posyandu Melayang

Tulus menduga ada permainan oknum dengan pemilik PO Bus dalam uji kir yang menyebabkan bus tak laik jalan bisa melenggang di jalanan.

"Ada dugaan permainan patgulipat antara pemilik PO Bus, pengemudi, dengan oknum petugas Dinas Perhubungan," ucap Tulus.

Jika praktik uji kir tak bebas dari permainan orang dalam, menurut Tulus, maka sebaiknya uji kir dilakukan pihak swasta secara profesional.

"Pembiaran uji kir semacam itu hanya akan menjadikan 'arisan nyawa' bagi penumpang angkutan bus baik umum maupun pariwisata," kata dia.

Baca Juga: Resmi Tinggalkan Kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Tak Akan Lagi Dapat Bantuan Keuangan dari Kerajaan Sepersenpun, Ini Besar Kekayaan yang Mereka Miliki