Find Us On Social Media :

Kisah Tragedi Obat Thalidomide, Diunggulkan Mengatasi 'Morning Sickness' Pada Wanita Hamil Tapi Justru Membuat Ratusan Ribu Bayi Lahir Tanpa Lengan Dan Kaki, Kini Hendak Menjadi Obat Kanker?

By Maymunah Nasution, Jumat, 13 Desember 2019 | 13:30 WIB

Bayi lahir yang cacat akibat konsumsi obat thalidomide

Intisari-online.com - Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar obat bernama Thalidomide yang sudah dilarang penggunaannya di dunia kedokteran.

Padahal, sejarah mencatat obat ini meraup keuntungan setelah mengatasi rasa 'morning sickness' yang banyak dialami oleh wanita hamil.

Thalidomide diberikan dokter di era tahun 1960-an sebagai obat anti mual pada ibu hamil.

Selain itu, obat ini terkenal menjadi antidepresi, dikampanyekan sangat aman untuk semua orang, termasuk ibu dan anak, 'bahkan saat kehamilan'.

Baca Juga: Berlinang Air Mata, Dokter Kandungan Ini Bagikan Kisah Pilu Persalinan Wanita yang 14 Tahun Menunggu Kehamilan Tapi Berujung Kematian

Obat ini dengan cepat meraih keuntungan di tahun 1960 diperdagangkan di 46 negara, dan tingkat penjualan hampir menyamai penjualan aspirin.

Namun, efek samping obat ini ternyata sangat mengerikan.

Dokter kandungan Australia bernama Dr. William McBride menemukan hubungan thalidomide dengan kelahiran bayi tanpa lengan dan kaki.

Obat tersebut seperti 'berkontradiksi' dengan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Kepala Bayi Ini Putus Saat Dilahirkan Gara-gara Kesalahan Dokter, Sang Ibu yang Sedih Bahkan Diperlakukan Kasar