Find Us On Social Media :

Kisah Letnan TNI Komaruddin, Anggota TNI yang Sakti Mandraguna dan Kebal Peluru, Tapi Menghilang Secara Misterius pada Akhir Hidupnya

By Afif Khoirul M, Senin, 11 November 2019 | 19:30 WIB

(Ilustrasi) Anggota TNI Indonesia

Intisari-online.com - Konon jaman dulu ada orang yang kebal peluru.

Sangking kebal peluru, tentara Belanda pun ketakutan menggadapi mereka.

Sampai kini, masih ada juga masih mempercaya bawah jimat ilmu kebal peluru yang akan menyelamatkan jiwa dan raga dalam kondisi apa pun.

Di masa lalu, memang kerap terdengar nama-nama pejuang Indonesia yang dikebnal pemberani dan punya kemampuan yang mumpuni.

Baca Juga: Kisah Mengerikan Wanita yang Telah Meninggal, Tiba-tiba Mengirim Pesan SMS ke Suaminya Kemudian Hal Aneh Ini Terjadi di Rumahnya

Mereka juga dikenang dalam cerita masyarakat sakti kebal-kebal terhadap senjata.

Di Aceh misalnya, seperti dilansir dari Serambi Aceh, tersebutlah nama seornag pejuang Aman Dimot.

Aman Dimot berperang dengan Belanda dengan cara unik, menghadang tank dan truk pasukan Belanda.

Bukan hanya itu, dia dianggap kebal dan memiliki ilmu kanuragan karena tidak tergores apabila disabet pedang ataupun tidak mempan ditembus peluru.

Sesuai dengan julukannya, Pang Aman Dimot dikenal pemberani dan tidak kenal takut jika menghadapi Belanda.

Bahkan, pemuda itu tidak gentar walaupun dalam keadaan perang terbuka atau perang jarak dekat.

Ditambah lagi, saat bala bantuan pasukan Belanda semakin melemahkan perlawanan pejuang saat itu, Aman Dimot berkeras untuk tetap melakukan perlawanan.

Pilihan itu tetap diambil meski Komandan Ilyas Leube sudah memberi perintah kepada pasukan tersebut untuk mundur dan meninggalkan medan perang.

Letnan Komaruddin : Opsir Kebal Peluru

Bagi generasi 90-an, tentu akrab dengan sejumlah film bertema perjuangan.

Salah satunya yang cukup terkenal adalah film Janur Kuning yang konon film wajib ditonton di sejumlah sekolah pada era 1980-an.

Penulis buku seri sejarah, Hendi Jo seperti dikutip darinya buku Orang-Orang di Garis Depan', terbitan Matapadi Presindo, Cetakan ke dua 2019 halaman 66 menulis, dalam film Janur Kuning ada tokoh "pejuang selon" yang diperankan oleh aktor Amak Baldjun.

 

Baca Juga: Secara Misterius Kulit Ular Ini Mengering, Mengelupas, Hancur dan Membuatnya Jadi Mumi Kurus, Ternyata Terjangkiti Penyakit Ini, Bisa Tulari Manusia?