Find Us On Social Media :

Kisah Buruh Bengkel Asal Sukabumi yang Rakit Helikopter Sendiri: Ini Fakta-fakta Helikopter, Bisa Terbang Mundur dan Melayang Tanpa Bergerak

By Mentari DP, Selasa, 5 November 2019 | 10:00 WIB

Kisah buruh bengkel asal Sukabumi yang rakit helikopter sendiri.

Intisari-Online.comJujun Junaedi (42), seorang buruh bengkel asal Sukabumi, diketahui sedang sibuk merakit helikopter di halaman rumahnya, di Kampung Cibubuay, Desa Damareja, Kecamatan Nagrak.

Jujun menuturkan bahwa pembuatan helikopter ini berlangsung sejak Agustus 2018 dan hanya mengandalkan hari libur setiap Minggu.

Semua proses sejak awal hingga berbentuk sebuah helikopter dikerjakan seorang diri dengan dibantu anak laki-laki pertama dan kerabat.

Dilansir dari kompas.com pada Selasa (5/11/2019), rencananya, akhir 2019 atau awal 2020 ini helikopter yang diberi nama Gardes JN 77 GM itu akan menjalani uji terbang.

Baca Juga: 40 Tahun yang Lalu, Ketika Ratusan Mahasiswa Iran Duduki Kedubes AS di Iran dan Sandera Puluhan Warga AS Selama 444 Hari

Saat ini hanya tinggal penyelesaian baling-baling utama yang masih dalam pengerjaan.

Untuk mesin, helikopter hasil kerja kreatif lulusan STM (SMK) Siliwangi 1996 ini menggunakan mesin penggerak generator set (genset) berkapasitas besar 24 PK, 700 cc, dan dua silinder berbahan bakar premium.

"Insya Allah saya inginnya pada akhir tahun atau awal tahun 2020 bisa melakukan uji terbang," ungkap Jujun saat ditemui Kompas.com di rumahnya pada Minggu (3/11/2019).

Alasan Jujun merakit helikopter yang sudah menghabiskan dana mencapai Rp30 juta ini karena dia sudah bosan dengan kemacetan.

Seperti yang kita tahu, selain pesawat terbang, transportasi udara yang juga banyak digunakan adalah helikopter.

Berbeda dengan pesawat yang berukuran besar, ukuran helikopter jauh lebih kecil dengan bentuk yang juga berbeda.

Karena ukurannya yang berbeda, jumlah penumpang yang bisa dibawa oleh helikopter tentu juga lebih sedikit dibandingkan dengan pesawat yang bisa membawa hingga ratusan penumpang.

Coba Anda amati bentuk helikopter, apakah Anda menyadari jika bentuk helikopter mirip dengan seekor serangga?

Yap, bentuk helikopter ternyata terinspirasi dari capung, loh.

Helikopter terinspirasi dari capung

Capung punya bentuk tubuh yang unik dengan sayap yang membentang horizontal di atas tubuhnya.

Bagian belakang tubuhnya berbentuk ramping, sementara bagian depannya cukup besar.

Menurut para perancang yang membuat helikopter, bentuk tubuh capung ini punya desain yang lebih unggul dibandingkan rancangan yang dibuat manusia.

Selain itu, dengan bentuk tubuhnya, capung bisa melakukan berbagai manuver atau gerakan terbang yang bermacam-macam.

Baca Juga: Berhasil Asuh Putranya Hingga Jadi Bupati Selama 2 Periode, Pasangan Suami Istri Petani Ini Dapat Penghargaan