Find Us On Social Media :

Sering Mengecek Ponsel dan Menjelajah Internet Tanpa Tujuan? Saraf 'Tak Berguna' Ini Penyebabnya!

By Nieko Octavi Septiana, Selasa, 15 Oktober 2019 | 06:00 WIB

Ilustrasi menjelajah internet

Intisari-Online.com - Di zaman yang serba berbasis digital ini tak aneh jika kita sering membuka gadget dan mengakses internet.

Namun, pernahkah Anda mengecek ponsel kemudian menjelajah internet tanpa tahu apa yang akan dilakukan alias tanpa tujuan?

Ternyata fenomena yang umum terjadi ini bisa dijelaskan secara ilmiah dan hasil laporannya telah terbit di jurnal PNAS.

Para ilmuwan dari Hass School of Business UC Berkeley yang terlibat dalam riset menjelaskan, kebiasaan ini dilakukakan karena otak manusia membutuhkan pengetahuan, entah apakah informasi itu penting atau tidak.

Baca Juga: Dampingi Istrinya Melahirkan, Seorang Suami: Saya Tidak Pernah Tahu Betapa Beratnya Istriku, Sampai Saya Melihatnya Melahirkan

Menurut mereka, informasi dapat dapat merangsang sistem penghargaan dopamin manusia. Ini sama seperti yang terjadi bila kita mengonsumsi junk food, minuman beralkohol, atau mendapat uang.

Dopamin adalah salah satu zat kimia di otak (neurotransmiter) yang berperan mempengaruhi emosi, gerakan, sensasi kesenangan dan rasa sakit.

Dopamin memegang peranan penting dalam banyak fungsi tubuh manusia.

"Bagi otak, informasi ibarat hadiah. Terlepas dari informasi itu bermanfaat atau tidak," kata penulis penelitian dan ahli neuroekonomi Ming Hsu, dilansir MNN, Sabtu (5/10/2019).

Baca Juga: 'Dia Pria yang Baik, Banyak Anak Menyukainya', Kata Mantan Teman Kim Jong-Un Saat Sekolah di Swiss, Tapi Pengawalnya Malah Berikan Kesaksian yang Amat Berbeda