Find Us On Social Media :

Bayinya Nyaris Tewas, Seorang Ayah Unggah Peringatan: 'Wahai Orangtua, Cucilah Tanganmu Sebelum Menyentuh Bayi'

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 24 September 2019 | 19:30 WIB

Bayi ini nyaris tewas setelah dipegang oleh orang yang tidak mencuci tangannya.

Intisari-Online.com – Seorang ayah menyebarkan berita tentang pentingnya mencuci tangan setelah hampir kehilangan bayi perempuannya karena RSV. Setelah seorang ayah Memphis hampir kehilangan bayi perempuannya karena Respiratory Syncytial Virus (RSV) yang disebabkan oleh virus menengitis.

Ia membagikan kisahnya tentang Imgur sebagai pengingat tentang pentingnya mencuci tangan "ketika memegang anak-anak kecil”.

"Kami hampir kehilangannya Senin lalu," tulisnya. "Rumah sakit lokal kami memberi tahu kami jika dia memburuk, tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan untuknya."

Baca Juga: Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Anda Jarang Mencuci Tangan

RSV adalah virus pernapasan yang menginfeksi paru-paru dan saluran pernapasan.

Pada kebanyakan orang dewasa yang sehat biasanya mengalami gejala ringan, seperti pilek dan sembuh dalam satu atau dua minggu, RSV bisa serius, terutama untuk bayi.

Faktanya, menurut CDC, RSV adalah penyebab paling umum dari bronchiolitis dan pneumonia pada anak-anak di bawah 1 tahun di Amerika Serikat.

"RSV bukan lelucon," ayah itu menjelaskan. "Saya tidak tahu banyak tentang hal itu sampai seminggu yang lalu ketika hampir mengambil putriku dariku. Maka pastikan untuk mencuci tangan sebelum memegang anak kecil."

Baca Juga: Mana yang Lebih Efektif Membunuh Kuman Cairan Pembersih Tangan atau Mencuci Tangan dengan Sabun?

Ari Brown, penulis Baby 411, menyebut RSV "virus yang sangat kasar, seperti pilek terburuk yang pernah Anda alami," dan mengatakan bahwa sangat mudah untuk tertular ketika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan.

"RSV tidak hanya menyebar melalui tetesan, tetapi melalui kontak pada permukaan seperti gerobak kelontong yang disentuh bayi Anda bahwa anak yang sakit sedang batuk satu jam sebelumnya," katanya kepada Cosmopolitan.

"Jadi, kami benar-benar mendorong kebersihan yang sangat baik, terutama sepanjang tahun ini. Bisakah seseorang mati jika Anda tidak mencuci tangan? Secara teknis, ya."

Untungnya, gadis kecil itu sekarang sudah  lebih baik. Tetapi ini harus menjadi pengingat penting bagi orang tua bahwa mencuci tangan sebelum memegang bayi bisa berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Baca Juga: Jangan Asal-asalan! Ini 6 Tips dan Trik Mencuci Tangan yang Benar