Find Us On Social Media :

Aksi Teror 11 September 2001, Bukti Bahwa CIA Telah Kecolongan dan Tidak Berdaya

By Mentari DP, Rabu, 11 September 2019 | 12:00 WIB

Aksi teror 11 September 2001, bukti bahwa CIA telah kecolongan dan tidak berdaya.

Intisari-Online.com – Siapa sih orang di dunia ini yang tak mengenal CIA?

CIA atau kepanjangan dari Central Intelligence Agency merupakan salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat (AS).

Walau sangat terkenal karena kehebatannya, sebagai organisasi intelijen yang paling terkenal di seluruh dunia, CIA ternyata pernah beberapa kali mengalami kecolongan.

Kegagalan operasi CIA di luar negeri yang bisa membuat malu pemerintah AS umumnya bisa ditepis dengan berbagai penyangkalan namun jika kegagalan operasi berlangsung di negaranya sendiri, CIA pun seperti orang kecolongan dan kebakaran jenggot.

Baca Juga: Terjadi Lagi, Pasien Dapat Obat Kedaluwarsa dari Klinik: Masih Bolehkah Obat Kedaluwarsa Dikonsumsi? Seperti Ini Aturan Pakainya

Salah satu operasi CIA yang gagal adalah peristiwa 11 September 2001 yang juga sekaligus  mencerminkan tidak efesiennya fungsi intelijen CIA hingga berakibat fatal dan membuat malu pemerintah AS.

Serangan spektakuler yang diduga dilancarkan oleh kelompok Al Qaeda yang dipimpin Osama Bin Laden tanggal 11 September 2001 bukan sekadar teror biasa.

Aksi teror di siang bolong itu sekaligus membuat AS merasa berada dalam kondisi seperti sedang diserang secara militer hingga keluar pernyataan “US under attack”.

Serangan teror yang secara ekonomi dan politik efeknya mendunia tersebut membuat situasi AS pada saat itu benar-benar seperti sedang perang.

Meski begitu, militer AS sendiri sama sekali tidak berdaya mencegahnya.

Pada intinya bisa disimpulkan bahwa CIA memang tidak tahu rencana teror 11 September itu karena para pelaku teror sebelumnya sudah bolak-balik ke AS dengan beragam kepentingan.

Mereka masuki AS dengan visa Saudi Arabia yang kebetulan warganya banyak berkunjung ke AS pada tahun itu sehingga tidak begitu dicurigai.

Baca Juga: Lucinta Luna Ngaku Keguguran Usai Salto dan Guling-guling di Padang Pasir: Catat, Ini 11 Penyebab Ibu Hamil Bisa Alami Keguguran