Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Resmi Umumkan Ibu Kota Negara Dipindah ke Kaltim, Ini Penjelasannya!

By Tatik Ariyani, Senin, 26 Agustus 2019 | 14:56 WIB

 

Intisari-Online.comPresiden Jokowi resmi mengumumkan ibu kota baru berada di Kalimantan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartangera, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Saat mengumumkan ibu kota baru, Jokowi terlihat didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, terlihat juga sejumlah pejabat pemerintahan, di antaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Inilah Rahmadi, Remaja yang Dikurung di Dalam Kotak Selama 3 Tahun oleh Orangtuanya dan Pernah Tinggal di Bawah Pohon Pisang

Hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Presiden Joko Widodo membeberkan alasan mengapa Provinsi Kalimantan Timur dipilih oleh pemerintah sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia pengganti DKI Jakarta.

"Kenapa di Kalimantan Timur? Pertama, risiko bencana minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Baca Juga: Gambarkan Ada Unicorn dan Humanoids Bersayap di Bulan, Kisah 'The Great Moon', Hoaks dari Surat Kabar Tahun 1835