Find Us On Social Media :

Jangan Dibiarkan, Freezer Lemari Pendingin pun Perlu Dibersihkan, Ini Langkah yang Bisa Dilakukan

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 25 Agustus 2019 | 12:30 WIB

Bagian freezer yang selalu luput untuk dibersihkan.

Intisari-Online.com – Lemari pendingin atau kulkas telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perlengkapan dapur, karena menjadi tempat agar bahan makanan tetap awet.

Salah satu bagian dari lemari pendingin adalah bagian freezer, disinilah kita membekukan makanan untuk bisa lebih awet beberapa bulan ke depan.

Secara berkala kulkas perlu dibersihkan agar terhindar dari bakteri yang justru akan membuat makanan menjadi tidak awet.

Sayangnya, saat membersihkan kulkas, banyak orang melewatkan bagian freezer.

Padahal, freezer juga menjadi bagian penting untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan.

Baca Juga: Tak Disimpan di Dalam Kulkas? Tenang, Ini 5 Tips Agar Buah dan Sayuran Tetap Segar dan Bisa Bertahan Lebih Lama

Freezer harus bersih agar tetap memberi hasil maksimal dalam menjaga keawetan makanan.

Apalagi, -sebenarnya, membersihkan freezer bukanlah hal yang sulit. Terlebih freezer modern memiliki banyak bagian yang dapat disesuaikan agar mudah dibersihkan.

Lantas, seberapa sering kita harus membersihkan freezer? Idealnya, kulkas harus dibersihkan sekali seminggu atau lebih dengan menyeka rak dan sudut di celah lemari es.

Kita bisa membersihkannya dengan air hangat yang dicampur sabun pencuci piring. Gunakan spons saat menyeka permukaan interior freezer.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ternyata Menyimpan Potongan Semangka di Dalam Kulkas Bisa Mengubahnya Jadi Buah Beracun

Lalu, perhatikan baik-baik segel pintu karena bagian tersebut bisa menjadi perangkap dari remah-remah atau sisa makanan lainnya.