Find Us On Social Media :

Bayi Anda Akan Lahir Sebelum Waktunya? Kenali Tanda dan Gejala Persalinan Prematur

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 20 Agustus 2019 | 07:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Persalinan prematur adalah situasi yang menegangkan, karena kehidupan bayi mungkin dalam bahaya.

Mengetahui cara mengidentifikasi tanda dan gejala persalinan prematur sangat penting. Ini karena berat badan lahir rendah bisa sangat berbahaya bagi kesehatan bayi Anda.

Seperti disebutkan oleh Mayo Clinic, persalinan prematur terjadi sebelum 37 minggu usia kehamilan.

Namun, bayi yang lahir sebelum 34 minggu memiliki peningkatan risiko kerusakan fisik dan 75% dari kelahiran ini berakhir dengan kematian.

Baca Juga: Jangan Ragu Lagi untuk Makan Bayam Selama Kehamilan, Rasakan Manfaatnya, dari Pertahankan Tekanan Darah Hingga Hilangkan Risiko Lahir Prematur

Tidak semua wanita berisiko persalinan prematur kecuali mereka yang berisiko demikian.

Berikut ini beberapa keadaan di mana perlu memperhatikan tanda atau gejala yang mungkin mengindikasikan persalinan prematur.

- Riwayat kelahiran prematur.

Jika seseorang dalam keluarga Anda telah menderita persalinan prematur, Anda perlu lebih memperhatikan, karena Anda juga akan lebih menderita.

- Kehamilan kembar.

Kehamilan kembar dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Dalam kasus ini, wanita hamil harus diawasi dengan ketat.

- Di bawah berat badan normal.

Ketika calon ibu menjalani kontrol berat badan, ini karena berat badan di bawah normal dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Inilah sebabnya mengapa mengikuti instruksi dokter Anda sangat penting.

- Infeksi saluran kemih.

Selama kehamilan, Anda mungkin memiliki infeksi yang memerlukan pemantauan lebih besar, karena mereka dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Banyak faktor lain yang dikaitkan dengan risiko persalinan prematur yang lebih bear.

Misalnya, jika wanita hamil merokok, jika dia memiliki volume cairan ketuban yang berubah, atau memiliki riwayat hipertensi.

Baca Juga: Terlahir Prematur dengan Otak Terlihat dari Kulitnya, Bayi Ini Mengejutkan Banyak Orang di Ulang Tahun Pertamanya