Find Us On Social Media :

Bung Karno Pernah Dicemooh Mahasiswa Karena Berbusana Trendi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 17 Agustus 2019 | 18:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Sukarno menjadi Presiden Rl pertama di usia muda. Tapi dia juga kerap berseberangan dengan para pemuda.

Betulkah tak ada sinergi antara perjuangan Sukarno dan para pemuda?

Dr. Asvi Warman Adam, sejarawan LIPI, menjawabnya dalam sebuah tulisan Sukarno Versus Kaum Muda, yang dimuat di Majalah Intisari edisi Agustus 2009

Sukarno selaku Ketua PNI mengirim  surat berisi ucapan selamat yang dibacakan dalam pembukaan Kongres Pemuda II bersama surat Tan Malaka dan Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Baca Juga: Bak Tokoh Film Fiksi yang Ada di Dunia Nyata, Sederet Manusia Ini Punya Kemampuan Super yang Menakjubkan

Namun ia tidak hadir untuk berpidato. Ada beberapa alasan. Pertama, yang dikemukakan oleh Abu Hanifah sebagaimana dikutip oleh Lambert Giebels {Soekarno, Biografi 1901- 1950).

Menurut Hanifah, Sukarno pernah diundang untuk berbicara di depan anggota Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang antara lain dipimpin Soegondo Djojopoespito.

Ketika itu para mahasiswa sedang gandrung pemikiran Gandhi yang memboikot kain tenun  buatan Barat dan menganjurkan pakaian sederhana buatan dalam negeri.

Dalam pertemuan di sebuah gedung di Jin. Kenari, Batavia, terkesan Sukarno seakan baru  datang dari "suatu peragaan busana atau resepsi orang elit" sehingga dicemooh mahasiswa.

Baca Juga: Waktu Kelahiran Bung Karno Dipengaruhi Kuat oleh Planet-planet, Melambangkan Kecerdasan dan Cintanya pada Lawan Jenis