Find Us On Social Media :

Catatan Para Penyintas Holocaust, Lukiskan Potret Mengerikan Realita Kehidupan di Kamp Konsentrasi Nazi Jerman

By Nieko Octavi Septiana, Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:00 WIB

Suasana Auschwitz, 1944

Intisisari-Online.Com - Kamp-kamp kematian Nazi telah menerima banyak perhatian dalam film dan budaya populer.

Catatan korban Holocaust tentang hidup di kamp-kamp konsentrasi telah menjadi dasar cerita menarik.

Namun kisah-kisah Holocaust menggarisbawahi sulitnya bertahan hidup dalam menghadapi kekejaman.

Karena sangat sedikit yang selamat dari sistem yang dirancang untuk memusnahkan mereka, hampir tidak ada yang selamat dari kamp konsentrasi.

Baca Juga: Pernah Serang Inggris Tanpa Henti, Rahasia Energi Tak Terbatas Tentara Nazi Jerman Terungkap dari Sebuah Film

Ada perbedaan yang jelas antara kamp-kamp seperti Auschwitz dan Treblinka, yang merupakan kamp pemusnahan yang dirancang untuk secara sistematis membunuh sebagian besar tahanan pada saat kedatangan dan kamp-kamp seperti Buchenwald, Dachau, dan Bergen-Belsen, yang dimaksudkan untuk memenjarakan musuh-musuh politik dan sosial Reich (banyak di antaranya adalah orang Yahudi yang bekerja sampai mati).

Terlepas dari angka kematian yang luar biasa dari kamp-kamp itu, cukup banyak detail yang bertahan dalam catatan di tempat-tempat ini untuk melukiskan potret yang mengerikan tentang realita kehidupan di kamp konsentrasi Nazi.

Perjalanan 4 Hari ke Auschwitz, 80 Orang Berdesakan di Satu Kereta Ternak

Ketika Nazi memutuskan Auschwitz akan menjadi titik fokus untuk pemusnahan orang Yahudi dan berbagai kelompok lain, mereka dihadapkan dengan logistik pengangkutan jutaan orang ke Polandia selatan, beberapa berasal dari jauh seperti Belanda, Prancis, Italia, dan Yunani.

Transportasi biasanya dilakukan dengan kereta ternak, tetapi kadang-kadang dengan kereta penumpang, di mana orang Yahudi yang kaya diminta untuk membawa sebanyak mungkin kekayaan yang mereka punya.

Sebuah perjalanan dijelaskan dalam buku 'Perfidy', yang ditulis oleh Ben Hecht dan disusun dari transkrip persidangan Rudolf Kastner, seorang Yahudi Hungaria yang mencoba bekerja sama dengan Nazi di Hongaria: