Find Us On Social Media :

Kasus Kicauan Lisa Marlina soal Bali dan Amelia Fitriani soal Pembantu, Ini Alasan Kita Susah Bijak Saat Main Media Sosial

By Mentari DP, Rabu, 24 Juli 2019 | 10:30 WIB

Kasus kicauan Lisa Marlina soal Bali dan Amelia Fitriani soal pembantu.

Intisari-Online.comNi Luh Djelantik, seorang desainer ternama asal Bali, berencana melaporkan Lisa Marlina ke polisi.

Bukan tanpa alasan Ni Luh Djelantik melakukannya.

Dikutip dari akun Instagramnya, Ni Luh Djelantik menggunggah screen shot foto dan tweet dari pemilik akun @lisaboedi di Twitter.

Menurut Luh Djelantik, kicauan Lisa Marlina dianggap telah melecehkan martabat masyarakat Bali.

Baca Juga: Jefri Nichol Ditangkap Karena Pakai Ganja: Jangan Sampai Salah, Ini Efek Baik dan Buruk dari Ganja

Tak lama setelah screen shot ini viral, Lisa Marlina langsung meminta maaf di Twitter karena kurang hati-hati dalam menyampaikan pendapat dan telah melakukan typo saat terlalu emosi membalas pengguna Twitter lain.

Kasus yang menimpa Lisa Marlina sudah beberapa kali terjadi di Indonesia.

Jika Anda masih ingat, dulu ada kasus Florence Sihombing yang juga dianggap menghina warga Yogyakarta di media sosial Path.

Atau status yang diunggah Amelia Fitriani di akun Facebooknya pada Selasa (18/6/2019), di mana PNS tersebut dianggap menuliskan kalimat yang dinilai merendahkan profesi pembantu rumah tangga.

Sementara di luar negeri, juga ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan harus berurusan dengan hukum karena unggahan yang salah di media sosial.

Kasus-kasus semacam ini membuat para ahli bertanya-tanya, mengapa kita susah bersikap bijak di media sosial dan malah jadi lebih agresif ketika hanya berhadapan dengan layar?

1. Kontrol diri yang menurun

Sebuah studi yang mempelajari perilaku pengguna Facebook oleh profesor Universitas Kolombia Keith Wilcox dan profesor Universitas Pittsburgh Andrew Stephen mengungkapkan bahwa media sosial memang menurunkan batas kontrol diri kita.

Efek ini paling terasa pada orang-orang yang jaringan Facebooknya terdiri dari teman-teman yang paling dekat.

Baca Juga: Jefri Nichol Ditangkap Karena Gunakan Ganja: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Ganja