Find Us On Social Media :

Penelitian: Anak yang Lahir dari Ibu Obesitas Punya Risiko Lebih Besar Terserang Leukemia

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 13 Juli 2019 | 06:00 WIB

Ilsutrasi wanita hamil

Intisari-Online.com – Anak-anak yang lahir dari ibu yang obesitas memiliki kemungkinan 57 persen lebih besar untuk terserang kanker, demikian menurut penelitian baru.

Para peneliti, menganalisis lebih dari 2 juta kelahiran dan 3.000 kasus kanker di Pennsylvania, percaya gangguan pada tingkat insulin pada titik-titik penting dalam perkembangan janin dapat memicu perubahan sel berbahaya yang sebabkan penyakit bertahun-tahun.

Hubungan itu begitu kuat, kata mereka, sehingga seharusnya menghalangi setiap ibu hamil dari makanan cepat saji dan gula berlebih, yang dapat menggagalkan kendali insulinnya.

"Saat ini, kami tidak tahu banyak faktor risiko yang dapat dihindari untuk kanker anak-anak," kata penulis utama Dr Shaina Stacy, seorang ahli epidemiologi di University of Pittsburgh.

Baca Juga: Leher Menghitam Selama Kehamilan Tanda Hamil Anak Laki-laki, Benarkah?

"Harapan saya adalah bahwa penelitian ini dapat, dengan cara, memberdayakan dan juga memotivasi untuk menurunkan berat badan."

Timnya meneliti catatan kelahiran dan catatan kanker yang diajukan di negara bagian Pennsylvania antara tahun 2003 dan 2016.

Mereka menemukan anak-anak yang lahir dari ibu yang sangat gemuk, dengan IMT (indeks massa tubuh) di atas 40, memiliki risiko leukemia 57 persen lebih tinggi sebelum usia lima tahun.

Ini berkurang dengan mantap saat IMT turun, yang berarti mengurangi burger, kue, dan keripik selama kehamilan yang dapat menyelamatkan hidup anak.

Baca Juga: Hati-hati, Perubahan Fisik dan Emosional Selama Kehamilan Terkait dengan Depresi

Dr Stacy berkata, “Tujuan kami bukan untuk membuat malu wanita atau membuat mereka merasa bersalah.”

"Tapi sebaliknya, kami berharap temuan ini menunjuk ke satu alasan lagi untuk menurunkan berat badan,” katanya lagi seperti dilansir Daily Mail.