Find Us On Social Media :

Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Gula Kelapa yang Bisa Bikin Anda Beralih dari Gula Putih, Salah Satunya untuk Kesehatan Usus

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 6 Juli 2019 | 07:00 WIB

Gula kelapa bisa menggantikan gula putih biasa.

Intisari-Online.com – Gula yang berwarna cokelat ini sering kita sebut sebagai gula merah, gula kelapa, atau gula jawa.

Dianggap sebagai alternatif yang lebih baik untuk gula rafinasi, gula kelapa adalah getah kelapa yang didehidrasi dan direbus.

Gula kelapa menarik perhatian banyak orang yang sadar kesehatan karena kandungan fruktosa yang rendah dan indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga: Ternyata Merah Putih Sudah Berkibar Sejak Masa Kerajaan Mataram dengan Sebutan Gula Kelapa, Ini Maksudnya

Di dalamnya juga mengandung beberapa mineral  dan antioksidan dibandingkan dengan gula putih biasa.

Faktor lain yang membuat gula kelapa lebih unggul daripada pemanis lainnya adalah gula kelapa tidak dimurnikan atau diubah secara kimia dan tidak mengandung bahan buatan atau zat sintetis.

Gula kelapa bukan turunan langsung dari kelapa, melainkan dari getah kelapa yang direbus dan didehidrasi yang dikumpulkan dalam sebuah wadah.

Terlihat dan rasanya sangat mirip dengan karamel. Digunakan secara luas sebagai pemanis alami dalam memanggang dan memasak.

Baca Juga: Ganti Gula Anda dengan Gula Aren Dan Rasakan Manfaatnya, dari Tingkatkan Energi Hingga Rehidrasi

Berikut ini dilansir dari ndtv, enam manfaat luar biasa dari gula kepala yang membuat Anda yakin untuk menyingkirkan gula putih.

Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) adalah pengukuran yang mengevaluasi makanan yang mengandung karbohidrat dan dampaknya terhadap kadar gula dan glukosa darah kita.