Find Us On Social Media :

Menjalani Salat Tarawih dan Menikmati Buka Puasa Masjid 'Pintu Tempat Cahaya', Masjid Terdalam di Indonesia

By Nieko Octavi Septiana, Rabu, 29 Mei 2019 | 18:00 WIB

Pekerja Freeport shalat tarawih di masjid terdalam Indonesia

Intisari-Online.Com - Selain wajib menahan lapar dan haus dari subuh hingga magrib, selama bulan Ramadan umat Muslim juga dianjurkan melakukan shalat tarawih setelah isya.

Shalat tarawih biasanya dilakukan di masjid atau mushala dekat kantor atau rumah, bisa juga dilakukan di rumah masing-masing.

Namun hal berbeda pasti dirasakan oleh para karyawan PT Freeport Indonesia yang menjalani shalat tarawih di tempat yang tak biasa, di perut Bumi.

Para pekerja tambang tersebut menunaikan shalat tarawih di Masjid Baabul Munawwar yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan Bumi.

Baca Juga: Indahnya Toleransi, saat Umat Kristiani di Depok Bagi-bagi Takjil Gratis di Bawah Hujan Rintik

Masjid yang berlokasi di Tembagapura, Timika, Papua itu diresmikan pada Juni 2016.

Manajemen PT Freeport Indonesia sengaja membangun tempat ibadah di perut bumi agar para karyawan bisa menunaikan shalat 5 waktu.

Para pekerja yang berada di salah satu lokasi tambang terbesar di Indonesia itu juga biasa berbuka puasa bersama di masjid yang bermakna “pintu tempat cahaya” tersebut.

“Adapun untuk kegiatan selama bulan Ramadan, kita usahakan setiap hari Jumat itu paling tidak seminggu sekali kami adakan buka bersama di Masjid Baabul Munawwar,” ujar Budi Sutrisna, karyawan PT Freeport Indonesia yang juga merupakan pengurus Masjid Baabul Munawwar dalam siaran tertulis, Selasa (28/5/2019).

Sehari-hari, Budi bertugas sebagai general foreman di Deep Mill Level Zone (DMLZ) atau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.