Find Us On Social Media :

Dipercaya Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit, Ini Fakta Medis Terapi Minum Urin

By Nieko Octavi Septiana, Kamis, 6 Juni 2019 | 11:30 WIB

Minum urin dapat menyembuhkan berbagai penyakit? Ini faktanya

Intisari-Online.Com - Terapi urin dengan minum air seni diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sempat populer, nyatanya ahli medis tidak membenarkan anggapan tersebut.

Seperti pernyataan dari pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang memberikan penjelasan mengenai terapi urin ini, Kamis (4/4/2019).

Meskipun banyak penelitian mengenai urin manusia maupun hewan, dalam konteks pengobatan ini perneliti menemukan adanya bakteri pada urine yang kebal terhadap antibiotik, baik pada manusia ataupun binatang.

Baca Juga: Inkontinensia Urin, Ini 4 Mitos dan Tips Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Lebih lanjut, mengonsumsi urin unta seperti yang dilakukan di negara Arab, justru berisiko terkena infeksi bakteri Bruscella dan virus MeRS-CoV. 

Penemuan tersebut tidak mengherankan, karena pada semua mahluk hidup terdapat flora normal yang hidup disekitar gentalia.

Meminum atau mengaplikasikan kebagian tubuh seperti mata, kulit, dan rambut meningkatkan risiko terjadinya infeksi dari flora normal tersebut.

Dari penjelasan tersebut, ahli medis menyimpulkan bahwa menggunakan urin untuk meningkatkan kesehatan justru dapat menimbulkan penyakit.

Baca Juga: Jumlah Urine di Dalam Kolam Renang Capai 20 Galon: 4 Dampak Negatif Jika Kita Menelan Air Kolam Renang, Salah Satunya Diare

Sehingga penjelasan  mengenai konsumsi urin adalah tindakan yang aman dan bermanfaat bagi manusia diperlukan uji klinis.