Find Us On Social Media :

Awas, Konsumsi 1 Iris Daging Sehari Berisiko Kena Kanker Usus Besar Lebih Besar

By Mentari DP, Kamis, 18 April 2019 | 13:30 WIB

Konsumsi 1 iris daging sehari berisiko kena kanker usus besar lebih besar.

Intisari-Online.com – Anda suka makan daging?

Makan daging bakar, diasapi, atau olahan lainnya memang enak. Dan banyak orang menyukainya.

Namun tahukah Anda bahwa makan daging bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker kolorektal atau kanker usus besar?

Dilansir dari CNN pada Kamis (18/4/2019), sebuah studi menemukan bahwa makan satu iris daging sehari bisa terkait dengan risiko kanker kolorektal yang lebih tinggi.

Baca Juga : Kisah 2 Fotografer Sukses yang Tinggalkan Kariernya Untuk Tinggal di Hutan Dengan 100 Anjing Sakit

Diketahui, orang yang mengonsumsi 76 gram daging merah dan olahan per hari.

Namun mereka juga memiliki peluang 20% ​​lebih tinggi terkena kanker usus besar dibandingkan dengan orang lain, yang makan sekitar 21 gram sehari, setara dengan satu iris ham.

Tak hanya itu, studi ini juga menemukan bahwa daging olahan, seperti sosis atau bacon, memiliki risiko lebih besar daripada daging merah terhadap kanker usus.

Tercatat risikonya naik 20% dengan setiap 25 gram daging olahan (kira-kira setara dengan irisan tipis bacon) yang dimakan orang per hari, dan sebesar 19% dengan setiap 50 gram daging merah (sepotong daging sapi panggang tebal atau sedikit potongan daging domba yang dapat dimakan).

"Sejumlah kecil daging olahan tampaknya memiliki efek yang sama dengan sejumlah besar daging merah," kata profesor Tim Key dari Universitas Oxford.

Baca Juga : Cinta Penelope Kena Kanker Stadium 3 dan Lakukan Donor Stem Cell: Ini Penjelasan Tentang Donor Stem Cell dan Risikonya