Find Us On Social Media :

Benarkah Stres Selalu Bikin Berat Badan Turun? Ah, Justru Sebaliknya!

By Katharina Tatik, Minggu, 24 Maret 2019 | 07:30 WIB

Ilustrasi ngemil

Intisari-Online.com – Mengurus rumah tangga dan pekerjaan di kantor bisa membuat kita stres, apalagi bila harus berkejaran dengan deadline pekerjaan.

Stres terkadang membuat kita akhirnya marah-marah, atau yang lebih parah lagi, kita ‘lari’ ke makanan, dengan ngemil dan makan berlebihan.

Bagi sebagian orang, stres bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab utama untuk ngemil dan makan berlebihan.

Apalagi jika stres yang dialami sudah terlampau buruk, hal tersebut juga dapat memengaruhi perilaku makan dan makanan yang dipilih.

Baca Juga : Salah-salah Bisa Bikin Stres, Ternyata Bunyi Alarm Bisa Pengaruhi Kondisi Psikis Seseorang

Dan, akibat yang paling mudah terlihat adalah berat badan yang meningkat.

Hal tersebut bermula dari stres yang dapat memicu peningkatan produksi kortisol.

Hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar dan mendorong keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak dan padat energi, seperti karbohidrat olahan.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat diterapkan untuk mengurangi stres akibat lelah bekerja, belajar, atau pun pekerjaan lainnya.

Baca Juga : Menurut Penelitian, Stres pada Wanita dapat Meningkatkan Perkembangan Kanker

Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya berjalan-jalan di luar saat makan siang terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan kortisol, bahkan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Melakukan yoga, peregangan, dan teknik pernapasan yang menenangkan juga bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi stres..