Find Us On Social Media :

Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari? Ini Jawaban Ahli

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 15 Maret 2019 | 07:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Saat menikmati makan telur, Anda mungkin khawatir akan merusak jantung Anda. Jangan stres!

Jika Anda sehat, Anda bisa makan telur tanpa rasa bersalah. Tetapi berapa banyak dan seberapa seringkah?

Secara nutrisi, telur memiliki banyak hal untuk ditawarkan.

Dengan sekitar 70 kalori dalam satu telur besar, ini adalah sumber protein yang bagus yang membantu menstabilkan kadar gula darah dan struktur tubuh.

Protein telur juga berkualitas tinggi, menyediakan semua asam amino esensial.

Baca Juga : Termasuk 'Pemanis Kopi', Ini 5 Manfaat Kulit Telur yang Jarang Diketahui Orang

Kuning telur juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko degerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia, dan melindungi dari penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Satu telur besar juga merupakan sumber selenium yang sangat baik, mineral antioksidan yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan mendukung fungsi tiroid dan kekebalan tubuh serta riboflavin, vitamin B yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, dan vitamin D, penting untuk tulang yang kuat dan gigi.

Sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan satu telur sehari tidak terkait dengan peningkatan risiko jantung.

Lalu, sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam British Medical Journal, yang melacak 115.000 orang dewasa selama 14 tahun.

Para peneliti menemukan makan satu telur setiap hari tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Telur juga dapat membuat Anda kenyang, dan bahkan dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 di European Journal of Nutrition, 30 pria sehat secara acak ditugaskan untuk makan satu dari tiga sarapan - telur roti bakar, cornflake dengan susu dan roti panggang atau croissant dan jus jeruk — pada tiga kesempatan terpisah, masing-masing dipisahkan oleh satu minggu.

Baca Juga : Manakah yang Lebih Sehat antara Kuning Telur dan Putih Telur?