Find Us On Social Media :

Bisa Menstabilkan Gula Darah, Begini Cara Memilih Teh yang Bagus

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Maret 2019 | 06:30 WIB

Intisari-Online.com – Minum teh adalah rutinitas yang menyenangkan yang banyak dilakukan orang di pagi hari.

Banyak jenis teh yang sudah kita ketahui, tetapi apakah Anda sudah memilih teh yang baik?

Memilih teh yang baik dapat menghindari kita dari paparan racun yang mungkin saja terjadi.

Mari kita mengetahui cara memilih teh yang baik.

Baca Juga : Jangan Minum Teh Sebelum Makan, Ini Efek Sampingnya Pada Tubuh

Melansir dari Mind Body Green, Jonny Bowden, Ph.D., seorang ahli gizi, mengatakan, "Apa yang menentukan apakah teh berwarna hijau, hitam, putih, atau oolong tergantung sepenuhnya pada tingkat pemrosesan yang dialami oleh tanaman Camellia sinensis setelah dipanen," Bowden mengatakan proses pembuatan masing-masing teh berbeda.

Teh hitam sepenuhnya difermentasi, teh oolong sebagian difermentasi, teh hijau tidak difermentasi sama sekali kecuali diuapkan dan dikeringkan, dan teh putih hampir tidak diproses.

"Teh herbal dibuat dari daun, akar, dan buah-buahan lain dan tidak dibuat dari tanaman Camelia sinensis, yang juga berarti bebas kafein," kata Bowden.

Teh mengandung lebih dari 4.000 senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG) dan L-theanine.

Baca Juga : Teh Ginseng: Tingkatkan Kesehatan Seksual dan 6 Manfaat Luar Biasa Lainnya

EGCG memberikan manfaat antioksidan, anti-inflamasi, anti-proliferasi, anti-infeksi, dan melindungi jantung.

Teh juga merupakan satu-satunya tanaman yang membuat asam amino L-theanine, yang dikenal untuk menenangkan dan memfokuskan pikiran serta mengurangi stres.

Pengobatan Tiongkok tradisional dan praktisi ayurvedic telah lama menggunakan teh untuk meningkatkan pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, menstabilkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi mental.