Find Us On Social Media :

Benarkah Rutin Mengkonsumsi Ubi Jalar Baik Untuk Kesehatan Kita?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 20 Februari 2019 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com – Mungkin kita curiga, bahwa ubi jalar mungkin tidak terlalu sehat.

Tetapi Anda akan terkejut setelah melihat profil nutrisi sayuran ini.

Satu ubi jalar panggang sedang dengan kulit mengandung 103 kalori, seperti yang dinyatakan oleh situs web Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Ini sebenarnya lebih rendah daripada kandungan kalori dari kentang putih panggang sedang, yang diperkirakan sekitar 115 kalori.

Baca Juga : Ubi Jalar Dilarang untuk MPASI, Begitu Juga Jagung dan Kentang, Ini Bahayanya

Ubi jalar juga kaya akan kalium karena ubi yang dimasak bersama dengan kulitnya dapat menyediakan kalium hingga 850 miligram.

Nutrisi ini berperan penting dalam metabolisme, kekuatan otot, kesehatan jantung, fungsi sitem saraf, dan banyak lagi.

"Mereka juga memiliki magnesium, yang mempromosikan sekresi GABA di otak - neurotransmitter pemicu relaksasi," kata Vincent Pedre, M.D., spesialis kesehatan usus dan anggota Mind Body Green, seperti dilansir dari Medical Daily.

Selain itu, ubi jalar adalah pilihan bagus untuk camilan sehat, baik itu selama kemerosotan sore Anda atau bahkan lebih lambat dari itu.

“Dan sebagai karbohidrat kompleks, mereka mencerna dengan lambat, memberikan energi stabil yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melewati malam dalam keadaan puasa," tambah Pedre.

Ini juga berarti bahwa sayuran akar tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba, menjadikannya camilan yang sesuai untuk penderita diabetes tipe 2.

Satu cangkir ubi jalar panggang mengandung sekitar enam gram serat - tentu saja, pastikan untuk mengkonsumsinya bersama kulit untuk memaksimalkan asupan serat Anda.

Baca Juga : 10 Makanan Anti-Jerawat yang Bikin Kulit Makin Sehat, Salah Satunya Ubi Jalar yang Murah Meriah